Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat untuk mendukung keterwakilan perempuan di parlemen pada Pemilu 2024.

"Perlu upaya secara masif untuk melakukan kampanye digital guna mendukung keterwakilan perempuan di parlemen," kata Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Politik dan Hukum KemenPPPA Iip Ilham Firman dalam media talk bertajuk "Pilih Perempuan dalam Pemilu, Aksi Afirmatif Wujudkan Kesetaraan Gender", di Jakarta, Senin.

Iip Ilham Firman mengatakan Menteri PPPA Bintang Puspayoga dijadwalkan akan merilis #2024dukungketerwakilanperempuandiparlemen pada Selasa (23/1).

Menurut dia, sosialisasi akan dilakukan secara digital dan disebarkan secara luas di platform digital milik kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

"Dalam dua pekan ke depan kami akan kerja sama dengan kementerian/lembaga, Kemkominfo, Bakohumas, dan pemprov untuk gaung-kan semangat dan #2024dukungketerwakilanperempuandiparlemen," katanya.

Iip Ilham Firman menuturkan berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 - 2024, pemerintah menargetkan 22,5 persen keterwakilan perempuan di DPR.

"Di 2019, hanya 20 persen di DPR. Target kita di 2024 hanya 22,5 persen di RPJMN 2020 - 2024. Itu pun masih banyak rintangan-nya. Oleh karena itu, jangan sampai turun dari 20 persen, ini perlu kita hindari bersama," katanya.

Baca juga: Perumusan RUU Pemilu momen pastikan suara perempuan

Baca juga: Pakar: Cawapres belum bahas perempuan dalam pembangunan berkelanjutan

Baca juga: KPPPA dorong keterwakilan perempuan dalam politik yang belum maksimal

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024