"Hari ini kita sudah mulai untuk melakukan proses setting, yakni memasukkan surat suara sejumlah kebutuhan tiap TPS. Nanti akan digabungkan kebutuhan logistik lainnya antara lain formulir, alat coblos, bantalan tinta, dan lainnya,"
Madiun (ANTARA) - KPU Kota Madiun mulai melakukan "setting" atau pengepakan logistik kotak suara yang akan digunakan untuk kelancaran pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari mendatang.

Ketua KPU Kota Madiun Wisnu Wardhana, Selasa mengatakan sejumlah logistik yang dipak dan dimasukkan ke dalam kotak suara, antara lain lima jenis surat suara Pemilu 2024. Yakni, surat suara pilpres, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi Jatim, dan surat suara DPRD Kota Madiun.

"Hari ini kita sudah mulai untuk melakukan proses setting, yakni memasukkan surat suara sejumlah kebutuhan tiap TPS. Nanti akan digabungkan kebutuhan logistik lainnya antara lain formulir, alat coblos, bantalan tinta, dan lainnya," ujar Wisnu.

Ia menjelaskan ada sekitar 15 personel yang dilibatkan dalam proses setting dan pengepakan surat suara.

"Jumlahnya tidak banyak yang dilibatkan karena prosesnya hanya memasukkan surat suara dan logistik lainnya yang diperlukan untuk pencoblosan di TPS," katanya.

Wisnu juga mengatakan, proses setting ditarget selesai dalam waktu tiga hari ke depan. Rencananya, surat suara akan didistribusikan ke tiap kelurahan pada 11 Februari mendatang.

Sesuai data, total jumlah pemilih di Kota Madiun mencapai sebanyak 153.880 pemilih, terdiri pemilih laki-laki 74.743 orang dan perempuan 79.137 orang dengan jumlah TPS 584 yang terbagi dalam empat daerah pemilihan atau dapil.

Yakni Dapil Kota Madiun 1 Kecamatan Kartoharjo sebanyak 163 TPS, Dapil Kota Madiun 2 terdiri dari Kelurahan Pandean, Kejuron, Mojorejo, dan Taman sebanyak 126 TPS.

Dapil Kota Madiun 3 terdiri dari Kelurahan Josenan, Banjarejo, Demangan, Kuncen, Manisrejo sebanyak 118 TPS, dan Dapil Kota Madiun 4 Kecamatan Manguharjo sebanyak 177 TPS.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024