Situbondo (ANTARA) - Ratusan emak-emak dan buruh tani serta nelayan di Situbondo, Jawa Timur, Rabu, mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Tim Relawan Prabowo-Gibran Wilayah Tapal Kuda, Kompol (Purn) Edy Sudarto mengatakan emak-emak dan buruh tani, kuli bangunan, serta nelayan Situbondo siap memenangkan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 tersebut.

"Kami berangkat dari relawan Prabowo-Gibran Tapal Kuda, yang mana kami bentuk non-struktural, artinya kami memang punya niat dengan kemauan sendiri setelah berdiskusi dengan teman-teman dan terbentuklah relawan 02 Tapal Kuda," kata dia setelah deklarasi dukung Prabowo-Gibran di Desa/Kecamatan Jangkar, Situbondo, Jatim.

Edy menyatakan optimistis pasangan calon Prabowo-Gibran
pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan mampu meraup kemenangan suara 60 persen di wilayah Tapal Kuda (Probolinggo, Jember, Bondowoso, Banyuwangi, Situbondo).

Untuk strategi pemenangan Prabowo-Gibran, ia menjelaskan para relawan Tapal Kuda menyasar dan menyisir lapisan masyarakat tingkat bawah seperti nelayan, buruh tani, petani, kuli bangunan, termasuk emak-emak di desa-desa.

Sebagai purnawirawan Polri, Edy Sudarto menyampaikan yang melatarbelakangi menjadi relawan Prabowo-Gibran salah satunya adalah Pak Prabowo punya jiwa juang yang luar biasa, jiwa kesatria, dan bahkan punya sifat kenegarawanan yang juga luar biasa.

"Ini terbukti ketika Pak Prabowo kalah dengan Pak Jokowi dalam kompetisi pemilihan presiden sebelumnya, beliau masih mau bergabung membantu Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Pertahanan ikut memajukan dan membangun negeri ini," katanya.

Selain itu, alasan dukungan terhadap Prabowo-Gibran karena dinilai mampu dan paling berkomitmen melanjutkan program yang telah dilakukan Presiden Joko Widodo.

Selain itu juga adanya pernyataan Gus Dur bahwa tokoh yang paling ikhlas terhadap rakyat adalah Prabowo Subianto.

"Pak Prabowo terbukti sebagai tokoh yang ikhlas, karena pernah membebaskan seorang TKI asal Nusa Tenggara Timur, sembilan hari menjelang menjalani hukum gantung di Malaysia. Karena jiwa sosial dan ikhlas itulah Pak Prabowo berhasil menyelamatkan pahlawan devisa itu," tutur Edy.

Salah seorang nelayan Desa/Kecamatan Jangkar, Situbondo, M Mursidi juga mengaku siap memenangkan pasangan calon Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.

"Kami ingin Pak Prabowo dan Mas Gibran melanjutkan program-program Presiden Jokowi karena dampaknya sangat dirasakan masyarakat, makanya kami siap memenangkan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02," katanya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024