Manchester (ANTARA News) - Pelatih Manchester United David Moyes mengatakan bahwa dirinya tidak pasti apakah akan mendatangkan pemain-pemain baru lagi ke Old Trafford sebelum bursa transfer ditutup pada Senin malam mendatang.

United masih mengejar dua pemain Everton Leighton Baines, bek Inggris, dan Marouane Fellaini, gelandang Belgia, meski gagal saat mengajukan sejumlah tawaran, sedangkan Athletic Bilbao telah mengonfirmasi bahwa Setan Merah menawarkan 25 juta pound untuk membeli gelandang Ander Herrera.

Namun Moyes, yang timnya akan menghadapi Liverpool di Anfield pada pertandingan Liga Utama Inggris akhir pekan, berkata, "Saya tidak tahu seberapa sibuknya ini namun ini akan menjadi sangat sibuk."

"Kelihatannya bursa transfer akan sibuk dalam beberapa hari ke depan. Saya berharap kami dapat melakukan sedikit bisnis, namun saya tidak dapat menggaransinya."

Moyes telah mengejar dua pemain Everton itu sepanjang musim panas, dengan menyodorkan tawaran untuk kedua pemain itu sebesar 28 juta pound yang telah ditolak oleh klub Merseyside itu dan dilabeli "menghina dan layak ditertawakan."

United kemudian menaikkan tawaran menjadi 36 juta pound, yang kembali ditolak pada pekan ini, di mana Everton menilai kedua pemain itu bernilai sebesar 45 juta pound, dan diyakini tawaran sebesar 40 juta pound akan sulit untuk diacuhkan.

Everton dipahami siap untuk kehilangan Fellaini, yang bernilai sekitar 23 juta pound, namun mereka sulit berpisah dengan Baines.

Mereka membantah rumor bahwa bek kiri Inggris itu meminta kepada Roberto Martinez, pengganti Moyes di Everton, untuk memfasilitasi kepindahannya ke Old Trafford.

United telah diberitahu oleh presiden Bilbao Jose Urrutia bahwa mereka perlu menemui klausa pelepasan sebesar 30 juta pound dalam kontrak Herrera, dan Moyes memonitor situasi di Real Madrid, di mana kedatangan Gareth Bale dapat memicu keluarnya Luca Modric, mantan gelandang Tottenham yang sebelumnya telah masuk target United.

Pada sisi positifnya, Moyes mengabaikan upaya Chelsea untuk merekrut Wayne Rooney dari Old Trafford, dan berharap penyerang Inggris itu untuk menjadi kunci dari perjuangan United mempertahankan gelar.

Ia berkata, "Wayne merupakan pemain hebat untuk Manchester United. Saya pikir ia bermain sangat baik pada malam lain (melawan Chelsea). Ia berada dalam kondisi yang bagus, dan secara mental ia berada dalam bentuk yang bagus, maka kami akan melakukan apapun yang kami mampu untuk mempertahankannya."

Moyes puas United dapat menghindari grup berat di Liga Champions. Lawan-lawan United di Grup A adalah Shakhtar Donetsk, Bayer Leverkusen, dan Real Sociedad, yang menang agregat 4-0 atas Lyon untuk menembus fase grup.

United, yang dua kali menjadi juara Eropa di bawah asuhan Alex Ferguson, akan membuka petualangan mereka di Liga Champions dengan menjamu Bayer Leverkusen, yang dilatih mantan bek Liverpool Sami Hyypia pada 17 September.

Moyes berkata, "Grup ini bagus. Tim terakhir lolos dengan cara yang sulit, namun Sociedad melakukannya dengan baik di Spanyol. Donetsk memerlukan perjalanan panjang dan pertandingan sulit, namun saya tidak berpikir perjalanan ke sana sedemikian buruk. Ini dapat menjadi undian yang benar-benar sulit, seperti Celtic."

Moyes hanya memiliki pengalaman satu kali di Liga Champions sebelumnya, setelah tim Everton yang dilatihnya finis di peringkat keempat pada Liga Utama Inggris 2004/2005, namun perjalanan ia dan timnya saat itu tidak berakhir dengan baik.

Everton kalah di kedua pertandingan putaran kualifikasi ketiga mereka delapan tahun lalu dari Villareal, yang saat itu dilatih Manuel Pellegrini, yang sekarang menjadi pelatih Manchester City.

Musim tersuksesnya di Eropa terjadi pada 2007/2008, ketika Moyes membawa Everton ke babak 16 besar Piala UEFA, di mana mereka saat itu dikalahkan Fiorentina, demikian AFP

(H-RF/Z002)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013