Jakarta (ANTARA) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) pada tahun 2024 ini menyiapkan sejumlah target agar bisa meraih kesuksesan dengan melahirkan sumber daya manusia (SDM) di bidang transportasi yang mumpuni.

Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, Ahmad mengatakan tahun ini perguruan tinggi di matra laut mempunyai strategi, seperti peningkatan optimalisasi aset dengan melakukan revitalisasi lab dan simulator, pembukaan prodi baru dan diklat baru, pembukaan diklat electro technical officer (ETO), marine high voltage (MHV), dan electro technical rating (ETR).

"Kami dari matra laut juga akan menjalin kerjasama dengan pemangku kepentingan terkait dalam pembiayaan Diklat Pembentukan, melakukan kerjasama dengan Pemerintah Daerah dan Perusahaan Pelayaran, menawarkan kerjasama dengan Instansi Pemerintahan, Instansi Swasta terkait dalam pemanfaatan aset," kata Ahmad dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Pada Rapat Kerja Rencana Pelaksanaan Anggaran 2024 Ahmad mengatakan, pada tahun ini pihaknya berencana mengirimkan sekitar 74 taruna dan 38 dosen dikirim magang di luar negeri, seperti ke Belanda, China, Denmark, Filipina, Jepang, Malaysia, Polandia, Rusia, Singapura, Turki dan Yunani.

Baca juga: BPSDMP Kemenhub capai kinerja positif selama 2023

Untuk perguruan tingginya seperti Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar akan melaksanakan kerjasama diklat luar negeri dengan The shipowner’s mutual protection and indemnity association Singapore, lalu Bangladesh Marine Academy dan Dar El Salaam Maritime Institute, Tanzania.

Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara, Ahmad Setiyo Prabowo menjelaskan pada tahun ini salah satu fokus dari SDM dari matra udara adalah pemetaan kebutuhan training mandatori bidang kebandarudaraan. Untuk hal tersebut dilakukan sebuah upaya seperti pengaturan analisa beban kerja personel bandar udara untuk memetakan kebutuhan SDM dan pelatihan teknis sesuai tugas dan fungsi.

"Kami Anggota dari Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), Platinum Trainair Plus Programme (TPP), International Air Transport Association (IATA) - Authorized Training Centers (ATC) Preferred, Airports Council International (ACI) – Accredited Training Partner (ATP) memiliki kewenangan dalam melaksanakan pelatihan-pelatihan berstandar global dan biaya yang terjangkau sehingga dapat mengakomodir kebutuhan kompetensi personel pemangku kepentingan dengan efektif, efisien dan ekonomis," katanya.

Baca juga: Kemenhub resmikan Kantor UPP Bawean untuk optimalisasi layanan

Walaupun demikian, kata Setiyo, ada beberapa tantangan yang akan ditemukan siantaranya penguatan database terkait sertifikat kompetensi yang dimiliki dan yang sudah kedaluwarsa (diperlukan refreshment). Lalu keterbatasan anggaran untuk pelaksanaan pelatihan dalam rangka peningkatan kompetensi bagi SDM penerbangan.

Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat, Nahduddin pada kesempatan yang sama juga menjelaskan bahwa pada tahun ini memiliki rencana strategis terkait kebutuhan sarana prasarana prioritas. Seperti di Politeknik Transportasi Darat Indonesia-Sekolah Tinggi Transportasi Darat (PTDI-STTD) untuk penunjang Diklat diperlukan Lab Parking System dan Simulator Uji Kendaraan Listrik.

"Untuk Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun akan disiapkan pengadaan simulator mass rapid transportation (MRT), pengadaan peralatan Laboratorium Material Jalan Rel, pengadaan peralatan simulator optical camera communication (OCC) System dengan Mock-up LRT Jabodebek dan furnitur Laboratorium Persinyalan dan pengatur perjalanan kereta api," katanya.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024