Komitmen Pegadaian terhadap ESG merupakan respons terhadap kebutuhan perusahaan untuk mengadopsi praktik bisnis yang berkelanjutan
Jakarta (ANTARA) - PT Surveyor Indonesia (PTSI) menjadi konsultan pendamping dalam implementasi penerapan lingkungan, sosial, dan tata kelola atau environmental, social, and governance (ESG) untuk PT Pegadaian.

Direktur Utama PT Surveyor Indonesia M Haris Witjaksono mengatakan implementasi ESG di lingkungan perusahaan merupakan komitmen jangka panjang dari Pegadaian untuk masa depan berkelanjutan.

"ESG bukan hanya tanggung jawab sosial, tetapi juga strategi bisnis yang dapat menciptakan nilai jangka panjang bagi semua pemangku kepentingan terutama bagi nasabah pegadaian. Implementasi ESG dapat memberi peluang dalam menghadirkan inovasi terkait green product/services," ujarnya melalui keterangannya di Jakarta, Jumat.

Haris menyebut komitmen Pegadaian terhadap ESG merupakan respons terhadap kebutuhan perusahaan untuk mengadopsi praktik bisnis yang berkelanjutan.

Inisiatif penerapan ESG meliputi berbagai aspek, mulai dari pengelolaan lingkungan, praktik sosial yang bertanggung jawab, hingga tata kelola perusahaan yang baik.

Direktur Utama Pegadaian Damar Latri Setiawan mengatakan Pegadaian telah menunjukkan komitmennya terhadap sustainability, termasuk kontribusi perusahaan pada 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) melalui berbagai aktivitas dan program.

"Integrasi ESG ke dalam model bisnis perusahaan bukan hanya tentang memenuhi standar global, tetapi juga tentang memberikan dampak positif yang berkelanjutan pada masyarakat dan lingkungan," katanya.

Damar menyampaikan, PTSI telah membantu Pegadaian untuk mengimplementasikan ESG. Kerja sama ini diharapkan menjadi titik balik untuk membawa perubahan positif bagi masa depan berkelanjutan.

"Jadi, harapannya ke depan kita semakin amanah untuk melanjutkan implementasi yang lebih menyeluruh ke dalam aktivitas korporasi," ujar Damar.

Baca juga: Surveyor Indonesia sasar target SDGs 2023 lewat I-SIM for Regency
Baca juga: Surveyor Indonesia perkuat SDM guna tingkatkan ekonomi nasional
Baca juga: Pegadaian raih 2 penghargaan di TOP BUMN Awards 2023

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024