Pada 2023 realisasi mencapai 14,99 triliun dari target Rp9,67 triliun. Hal ini menunjukkan Kota Tangerang masih menjadi tujuan investasi bagi pelaku usaha
Tangerang (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang Banten menyebutkan realisasi investasi selama lima tahun sejak 2019 - 2023 tercapai Rp57 triliun dan melebihi target yang dicanangkan sebesar Rp42,27 triliun.

Kepala DPMPTSP Kota Tangerang Taufik Syahzaeni di Tangerang, Senin, mengatakan, jika sesuai dengan target RPJMD 2019 - 2023 maka realisasi investasi sudah melebihi target 155,05 persen.

Tak hanya itu, capaian investasi Kota Tangerang pun meningkat setiap tahunnya meski dilanda pandemi selama dua tahun.

Adapun rincian realisasi investasi selama lima tahun yakni pada 2019 sebesar Rp7,97 triliun, 2020 sebesar Rp8,35 triliun, 2021 sebesar Rp12,64 triliun, 2022 sebesar Rp13,05 triliun dan 2023 sebesar Rp14,99 triliun.

"Pada 2023 realisasi mencapai 14,99 triliun dari target Rp9,67 triliun. Hal ini menunjukkan Kota Tangerang masih menjadi tujuan investasi bagi pelaku usaha," katanya.

Ada empat sektor terbesar yang menyumbang nilai investasi di Kota Tangerang sepanjang 2023 yakni sektor perumahan, kawasan industri dan perkantoran, sektor jasa lainnya, sektor industri kimia dan farmasi, serta sektor transportasi, gudang dan telekomunikasi.

Beberapa hal yang mendorong investasi Kota Tangerang meningkat yakni pengawasan dan pembinaan terkait pelaporan untuk menciptakan data real lapangan.

Lalu melakukan promosi investasi dengan berbagai kanal, ditambah dengan berbagai event atau agenda Kota Tangerang yang begitu banyak di 2023. Seperti festival dan event olahraga hingga tingkat internasional.

Pemkot Tangerang juga terus memberikan kemudahan dalam berinvestasi yang sudah berlandaskan Perda. Lalu kemudahan pelayanan perizinan yang terus ditingkatkan, sehingga investor merasa nyaman dan terlayani dalam berinvestasi di Kota Tangerang," katanya.

“Kota Tangerang dengan berbagai sumber daya, perkembangan dan pembangunan infrastruktur masih menjadi daya tarik bagi para investor baik Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun Penanaman Modal Asing (PMA) untuk terus melakukan investasi,”

Taufik menambahkan Pemkot Tangerang mengajak pelaku usaha lainnya untuk mengembangkan usahanya di Kota Tangerang dengan berbagai fasilitas yang diberikan.

"Pemkot Tangerang akan terus berupaya meningkatkan infrastruktur, pelayanan dan kemudahan untuk semua nyaman berkunjung bahkan berinvestasi di Kota Tangerang," katanya.

Baca juga: Wali Kota Tangerang: Infrastruktur jadi faktor investasi meningkat

Baca juga: Investor luar negeri jajaki investasi produksi alkes di kota Tangerang

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024