"Mekanisme terkait pendistribusian TNI dan Polri memberikan bantuan secara maksimal,"
Medan (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat dalam pendistribusian logistik pemilihan umum 2024 ke wilayah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) di provinsi itu.

"Mekanisme terkait pendistribusian TNI dan Polri memberikan bantuan secara maksimal," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi di Medan, Senin.

Dia mengatakan dalam pendistribusian logistik pemilu tersebut dijadwalkan pada H-7 pemungutan suara pemilu 2024.

"Kami akan koordinasi kepada pihak TNI dan KPU terkait pendistribusian logistik pemilu," ucap Hadi.

menurutnya sejauh ini Polda Sumut sudah membantu KPU dalam pendistribusian ke daerah dengan aman dan lancar.

Polda Sumut melibatkan personel Polri sebanyak 12.877 personel, TNI 4.891 personel, dan Linmas 101.540 personel pada pengamanan Pemilu 2024, yang akan mengamankan 45.875 Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk 10.853.940 pemilih.

Secara terpisah, Kepala Penerangan Kodam I Bukit Barisan (Kapendam I/BB) Kolonel Inf Rico J Siagian mengatakan untuk wilayah Sumut pihaknya membantu kepolisian.

"Dengan personel dan perlengkapan yang kami siapkan dari jajaran Kodim terkait pasukan cadangan dari batalayon terdekat, sesuai hasil koordinasi dan permintaan KPU," ucapnya.

Untuk kawasan Pulau Nias, Rico mengatakan pihaknya masih melakukan pembahasan alternatif dalam pendistribusian.

"Untuk Nias, lagi dibahas alternatif-alternatif pendistribusian," tuturnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyebut seluruh logistik pemilihan umum (pemilu) 2024 akan didistribusikan pada 1 Februari dan tiba di tempat pemungutan suara (TPS) paling lambat 13 Februari 2024.

"Pendistribusian logistik pemilu akan dilaksanakan pada interval waktu 1 Februari 2024 dan paling lambat sampai di TPS pada 13 Februari 2024," ujar Ketua Divisi SDM dan Litbang KPU Sumut, Robby Effendi.

Menurut dia, saat ini seluruh logistik pemilu yang akan digunakan pada 14 Februari 2024 telah dilakukan pendistribusian dan diterima oleh 33 KPU kabupaten/kota di Sumut.

"Saat ini logistik yang sudah diterima oleh KPU kabupaten/kota sedang di-setting dan di-packing," kata Robby.
 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024