Mari berharap bahwa KTT akan menghasilkan beberapa perubahan penting pada saat presiden memberikan bukti yang tersedia kepada Presiden Putin."
Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan membahas situasi Suriah dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Pertemuan Puncak G20 mendatang di St Petersburg dalam pembicaraan yang bisa menyebabkan Kremlin "mengubah pendirian" bagaimana menghadapi krisis itu.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri AS John Kerry Selasa, lapor RIA Novosti.

"Presiden Obama akan memiliki banyak kesempatan untuk mendengar dari Presiden Putin, dan saya yakin mereka akan melakukan diskusi tentang hal itu, pada pertemuan G20 pekan ini," kata Kerry dalam kesaksian kepada Komite Hubungan Luar Negeri Senat mengenai Suriah menyusul keputusan Obama meminta persetujuan Kongres untuk intervensi militer di sana.

"Mari berharap bahwa KTT akan menghasilkan beberapa perubahan penting pada saat presiden memberikan bukti yang tersedia kepada Presiden Putin," kata Kerry.

Ditanya mengapa Rusia telah mengadopsi sikap kuat terhadap langkah AS untuk melaksanakan serangan militer di Suriah dalam menanggapi penggunaan senjata kimia dalam perang saudara di sana, satu tindakan Washington yang menegaskan bahwa serangan itu dilakukan oleh pemerintah Presiden Suriah Bashar Assad, Kerry mengatakan: "Jujur, aku tidak tahu".

"Mereka membuat argumen untuk beberapa efek yang kita tidak memiliki bukti bahwa oposisi melakukannya," kata Kerry.

Namun dia menambahkan bahwa Rusia "tulus" dalam upaya-upaya membantu membawa penyelesaian itu dirundingkan, terhadap konflik di sana, dan kooperatif pada isu-isu keamanan penting lainnya yang melibatkan Korea Utara dan Iran.

"Kita harus memilah kesepakatan dengan serius," kata Kerry kepada forum Senat.


Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013