Pimpinan universitas se-Indonesia ikuti pelatihan persiapan akreditasi

Mulai 2014, semua perguruan tinggi wajib terakrediasi
Batam (ANTARA News) - Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) melatih 162 orang pimpinan perguruan tinggi se-Indonesia agar dapat meraih akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Ketua Umum APTISI Prof. Dr.Edy Suandi, di Batam, Jumat, mengatakan akreditasi sangat dibutuhkan untuk menjamin kualitas institusi perguruan tinggi maupun program studi sehingga APTISI mendorong seluruh PTS agar dapat meraih akreditasi.

"Mulai 2014, semua perguruan tinggi wajib terakrediasi institusi sebagai bentuk akuntabilitas kepada seluruh pemangku kepentingan bahwa penyelenggara pendidikan di perguruan tinggi teruji kualitasnya secara formal," kata Edy.

Dalam pelatihan yang dilaksanakan 5-7 September 2013 di Batam itu, panitia mengajak pimpinan Universitas Islam Indonesia berbagi pengalaman saat uji akreditasi di BAN-PT, karena perguruan tinggi tertua itu mendapat akreditasi A, bersama Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Menurut Edy yang juga Rektor UII itu, ada 15 kriteria kunci penilaian yaitu kepemimpinan, kemahasiswaan, sumber daya manusia, kurikulum, prasarana dan sarana, pendanaan, tata pamong, sistem pengolahan, sistem pembelajaran, suasana akademik, sistem informasi, sistem jaminan mutu, lulusan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta program studi.

Di tempat yang sama, Kepala BAN-PT Prof. Mansyur Ramly mengatakan ada tujuh hal yang harus dipersiapkan perguruan tinggi untuk mendapatkan akreditasi, di antaranya visi dan misi, sumber daya manusia termasuk dosen dan peneliti, sarana dan prasarana seperti laboratorium, penelitian dan kerjasama dengan luar negeri, kepemimpinan di perguruan tinggi, dan pengabdian kepada masyarakat.

Menurut Mansyur, proses akreditasi institusi amat penting bagi perguruan tinggi, karena menurut UU No.12 tahun 2012, institusi yang belum mendapatkan akreditasi maka gelar akademiknya dianggap tidak sah.

"Yang penting, segera persiapkan diri," kata dia.

Hingga Mei 2013, BAN-PT baru mengeluarkan sekitar 70 akreditasi institusi perguruan tinggi dari sekitar 3.600 perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia.

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komite Akreditasi Nasional fokus ke perubahan iklim

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar