Jakarta (ANTARA) - Ketua Tim Kerja Strategis (TKS) pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Bahlil Lahadalia, menyebutkan Prabowo sudah mahir untuk menghadapi debat capres terakhir pada 4 Februari mendatang.

"Pak Prabowo kan sudah 15 tahun berdebat, beliau sudah mahir, sudah paling paham lah," kata Bahlil ketika ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat.

Selain Prabowo, dia pun menilai Gibran adalah seseorang yang cerdas, yang tidak perlu banyak diarahkan—meskipun publik seringkali mempertanyakan kapabilitas-nya sebagai cawapres.

"Mas Gibran di awal-awal orang selalu tanya saya, (saya jawab) Mas Gibran itu orang cerdas juga, jadi nggak perlu diarah-arahin pula. Bisa (dia)," ucap Bahlil.

Ketika ditanya apakah Prabowo akan mengambil langkah yang sama seperti cawapres nomor urut 3 Mohammad Mahfud Md yang mundur dari jajaran menteri kabinet, Bahlil menolak berkomentar.

"Saya katakan itu hak politik masing-masing ya. Saya nggak boleh menjawab sesuatu yang melampaui batas kemampuan saya," ujarnya.

Baca juga: KPU tambah waktu segmen enam debat kelima jadi 4 menit

Baca juga: Ini profil 12 panelis debat capres terakhir pada Pemilu 2024


Sebagai anggota tim sukses Prabowo-Gibran, Bahlil mengaku optimistis Pilpres mendatang bisa berlangsung sekali putaran.

Menurut dia, dengan selesai sekali putaran, negara bisa menghemat anggaran hingga hampir Rp30 triliun.

Selain itu, dalam kapasitasnya sebagai Menteri Investasi, Bahlil menilai pemilu satu putaran akan berpengaruh positif untuk segera mengakhiri fenomena wait and see di bidang ekonomi, selama tahun politik ini.

"Kalau saya berpikir, siapa pun (pasangan calon) yang terpilih, lebih cepat lebih baik. Kalau bisa satu putaran lebih bagus. Kan semua pasangan calon juga optimistis satu putaran," tuturnya.

Dalam debat kelima yang diselenggarakan di JCC, Senayan, pada Minggu (4/2), tiga capres yakni capres nomor urut 1 Anies Baswedan, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo akan saling berbicara soal pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusivitas.

Komisi Pemilihan Umum menetapkan peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024