menjelang pesta demokrasi,  ada partisipasi dan kontribusi yang nyata dari masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban, terutama menjaga anak-anak dari tawuran
Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Timur mengajak seluruh warga membantu polisi mewujudkan situasi yang aman dan damai, termasuk mewaspadai  segala bentuk aksi kejahatan menjelang Pemilu 2024
 
"Kita bersama-sama menjaga situasi  damai dan sejuk sehingga tidak ada kendala dalam pelaksanaan Pemilu 2024," kata Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly di Jakarta, Minggu, saat memeriksa posko terpadu  satuan keamanan lingkungan (satkamling)   di RW 05 Kelurahan Susukan Ciracas, Jakarta Timur.
 
Lalu, Nicolas bersama jajaran juga menyempatkan untuk memeriksa posko terpadu satkamling yang ada di jalan layang  Pasar rebo Ciracas, Jakarta Timur.
 
Nicolas berharap menjelang pesta demokrasi,  ada partisipasi dan kontribusi yang nyata dari masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban, terutama menjaga anak-anak dari tawuran.
 
"Kami mengharapkan kerja sama dari bapak dan ibu sekalian. Dan juga tidak lupa saya mengingatkan tolong diberi penjelasan kepada warga yang mempunyai anak-anak remaja yang ingin menunjukkan eksistensi dirinya dengan cara melakukan tindak pidana yaitu tawuran," jelas Nicolas.
 
Nicolas menegaskan lingkungan di rumah memiliki peran penting dalam menasihati dan memberikan pendampingan kepada anak agar tidak terlibat tawuran.
 
Selain itu, kepolisian terus berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mencabut kepemilikan Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus bagi pelajar yang terbukti terlibat tawuran.
 
Menurut Nicolas, anak-anak yang terlihat tawuran bisa menjadi korban dan bisa juga menjadi pelaku. Sehingga, perlunya keperdulian warga sekitar terkait ketertiban dan keamanan bersama.
 
"Polisi menjaga bapak ibu warga sekalian beristirahat tidur nyenyak, tetapi juga membantu kami dalam menjaga situasi kamtibmas di lingkungan masing-masing," tegas Nicolas.
 
Selain kunjungan yang dinamakan patroli sambang, Nicolas juga memotivasi warga dengan memberikan bantuan kurang lebih 15 paket sembako agar lebih giat melaksanakan ronda dalam menjaga keamanan lingkungannya pada malam hari, terlebih saat ini sedang maraknya aksi kejahatan jalanan.
 
"Kami berharap kegiatan siskamling ini aktif dilaksanakan untuk membantu polisi menjaga situasi kamtibmas agar aman dan tidak ada gangguan kamtibmas yang menonjol," ucap Nicolas.
 
Lebih lanjut, Nicolas menjelaskan, tugas dan tanggung jawab keamanan yakni tugas polisi. Tetapi, tanpa bantuan dan partisipasi masyarakat maka hasilnya tidak akan maksimal.
 
Terakhir, Nicolas mengimbau  masyarakat untuk selalu menjaga kerukunan dan kebersamaan antar warga, karena kerukunan hal itu menjadi salah satu bentuk kamtibmas yang kondusif.
Baca juga: Polisi ungkap asmara jadi motif pembunuhan pedagang semangka
Baca juga: Ini penegasan polisi terkait kasus kematian anak Pamen TNI-AU
Baca juga: Kapolres Metro Jaktim mengukuhkan 707 polisi RW

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024