Melalui pelatihan biobriket ini, harapan kami siswa-siswi dapat mengembangkan keterampilan yang mereka miliki menjadi sebuah peluang usaha ketika mereka memasuki dunia kerja
Jambi (ANTARA) - Mahasiswa Teknik Pertanian Universitas Jambi (Unja) mengajarkan pelajar di SMKN SPP Jambi di Kabupaten Batanghari memproduksi biobriket dari limbah pelepah kelapa sawit sebagai sumber energi alternatif.

“Melalui pelatihan biobriket ini, harapan kami siswa-siswi dapat mengembangkan keterampilan yang mereka miliki menjadi sebuah peluang usaha ketika mereka memasuki dunia kerja," kata Perwakilan Mahasiswa Unja Ardio Prayoga di Jambi, Minggu.

Tujuan utama dari pelatihan ini, kata dia, untuk menghasilkan biobriket dari limbah pelepah kelapa sawit dan mengevaluasi potensinya sebagai sumber energi alternatif yang berkelanjutan.

Pelatihan ini merupakan salah satu Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Asistensi Mengajar yang diikuti oleh 50 peserta siswa dan siswi SMKN SPP Jambi.

Baca juga: Mahasiswa Universitas Jambi ubah air gambut jadi air minum

Pada awalnya mahasiswa menyadari bahwa pelepah kelapa sawit hasil panen di sekitar lahan sekolah dibiarkan begitu saja. Menyadari hal tersebut, mereka mengangkat permasalahan menjadi sebuah inovasi dengan memanfaatkan limbah pertanian menjadi sumber energi alternatif yaitu biobriket.

Ketua Koordinator Program Studi Teknik Pertanian Unja Dewi Fortuna mengatakan kegiatan Asisten Mengajar ini merupakan program unggulan MBKM Prodi Teknik Pertanian.

Kegiatan yang dilakukan tim mahasiswa ini berkolaborasi dengan sekolah dan guru di SMKN SPP Jambi, dengan harapan mahasiswa dapat mengaplikasikan dan memperdalam kompetensi keilmuan mereka.

Perguruan tinggi, kata dia, juga berharap ke depan para pelajar di daerah itu dapat memperoleh keilmuan baru yang menjadi bekal untuk mengembangkan potensi diri melalui pengembangan potensi sekitarnya.

Baca juga: Mahasiswa Unja ciptakan sabun organik daun kersen atasi masalah kulit
Baca juga: Mahasiswa Unja manfaatkan buah mangrove jadi bahan baku kue brownies

 

Pewarta: Tuyani
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024