Saudara-saudara sekalian, Prabowo-Gibran punya rencana besar yang diberi nama Strategi Transformasi Bangsa.
Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden RI Prabowo Subianto memperkenalkan rencana besar yang dia usung bersama pasangannya, Gibran Rakabuming Raka, yang diberi nama Strategi Transformasi Bangsa saat debat pamungkas di Jakarta Convention Center, Minggu.

"Saudara-saudara sekalian, Prabowo-Gibran punya rencana besar yang diberi nama Strategi Transformasi Bangsa," kata Prabowo pada segmen penyampaian visi, misi, dan program.

Prabowo mengemukakan bahwa strategi tersebut untuk meningkatkan kemakmuran bangsa, terutama untuk memperbaiki kualitas hidup manusia Indonesia.

Salah satu proyek strategis itu, lanjut Prabowo, adalah memberi makan bergizi untuk seluruh anak Indonesia, termasuk yang masih dalam kandungan ibunya dan selama sekolah dari usia dini sampai dewasa.

Menurut Prabowo, strategi tersebut dapat mengatasi angka kematian ibu ketika melahirkan serta mengatasi kurang gizi anak-anak sehingga bisa mengentaskan tengkes atau stunting di Tanah Air.

Selain itu, Prabowo juga menyebut program tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan menghilangkan kemiskinan ekstrem.

"Ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita. Minimal sekitar 1,5 sampai 2 persen," ujarnya.

Baca juga: Anies sebut penting sampaikan gagasan dan kebijakan dalam debat 
Baca juga: Prabowo-Gibran tampil beda dalam balutan jaket di debat kelima
Baca juga: Ganjar-Mahfud kenakan jaket varsity, apresiasi sikap civitas academica


Selepas debat pertama Pilpres 2024 pada tanggal 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, debat ketiga 7 Januari 2024, dan debat keempat 21 Januari 2024, KPU menggelar debat kelima di Jakarta Convention Center.

Debat pamungkas Pilpres 2024 sekaligus menjadi debat yang mempertemukan ketiga capres itu bertema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024