Masing-masing kejuruan pelatihan diisi sebanyak 20 peserta
Jakarta (ANTARA) - Pusat Pelatihan Kerja Daerah Jakarta Selatan (PPKD Jaksel) memberi pelatihan kerja gratis kepada 120 peserta dari daerah tersebut dalam rangka membekali keterampilan kepada mereka agar siap memasuki dunia kerja.

"Kami yang paling pertama membuka pelatihan, agar sebelum Lebaran sudah ada yang selesai," kata Kasubag Tata Usaha PPKD Jaksel, Dinas Tenaga Kerja,Transmigrasi dan Energi, Pemprov DKI Jakarta, Qadhi Ahmad di Jakarta, Senin.

Qadhi mengatakan, dari 120 peserta yang mengikuti pelatihan kerja gratis di PPKD Jaksel, mereka tersebar di enam bidang ketrampilan yang disediakan yaitu barista, operator komputer, tata graha, otomotif mobil dan sepeda motor, serta AC.

Menurut dia, antusiasme masyarakat untuk mengikuti pelatihan kerja sangat tinggi, terbukti pada proses pendaftaran terdapat 2.263 orang dan hanya bisa ditampung 120 peserta.

Baca juga: Enam kelas jadi fokus program unggulan kurangi pengangguran di DKI

Qadhi menargetkan pelatihan kerja tersebut bisa selesai sebelum Idul Fitri tahun ini dan diharapkan dapat memberikan keterampilan kepada para peserta.

"Masing-masing kejuruan pelatihan diisi sebanyak 20 peserta dari berbagai jenjang usia dan pendidikan," katanya.

Dia menambahkan bahwa pelatihan kerja gratis pada tahun ini hanya menyediakan 980 peserta atau lebih sedikit dari tahun sebelumnya sebanyak 1.100 peserta karena adanya pembangunan kelas.

Qadhi melanjutkan, para peserta yang telah selesai menjalani pelatihan juga mendapatkan sertifikasi kemampuan dan disediakan lowongan kerja, terutama dengan perusahaan yang telah bekerja sama.

Baca juga: Puluhan disabilitas ikuti seleksi pelatihan kerja di Jakarta

"Jadi, selain bisa membuka usaha sendiri, kami juga mempertemukan para alumni dengan perusahaan yang membutuhkan jasa mereka," katanya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024