Gereja menjadi spirit dan tonggak peradaban di Tanah Papua untuk terus bangkit dan membangun menjadi lebih baik lagi ke depan
Manokwari (ANTARA) - Pemerintah Republik Indonesia dukung kemandirian gereja di Tanah Papua agar dapat mewujudkan keadilan, kedamaian dan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.

"Itulah pesan yang disampaikan Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amien pada saya untuk perayaan HUT Pekabaran Injil (PI) ke 169 tahun ini,” kata Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan, Sekretariat Wakil Presiden Velix Vernando Wanggai di Manokwari, Senin.

Baca juga: Kemensos serahkan hibah empat kendaraan untuk gereja di Papua

Ia mengatakan, Pemerintah Pusat mengapresiasi pelayanan gereja di Tanah Papua. Bahkan sebelum hadirnya negara dan pemerintah, pelayanan gereja telah menyentuh langsung pada masyarakat di wilayah ini.

"Gereja telah mengajarkan kasih dan ajaran kasih itu telah menembus perbedaan, menembus batas, menembus rawa, lembah, dan gunung di Tanah Papua. Masyarakat Papua akhirnya bisa merasakan cahaya terang melalui pelayanan gereja," kata Velix yang juga menjabat sebagai Penjabat Gubernur Papua Pegunungan tersebut.

Ia mengatakan, gereja menjadi spirit dan tonggak peradaban di Tanah Papua untuk terus bangkit dan membangun menjadi lebih baik lagi ke depan.

Baca juga: Satgas Yonif 330 beri kado natal kepada Gereja Zumba di Intan Jaya

Menurutnya, semangat yang diawali dari pihak gereja tersebut kemudian diteruskan oleh pemerintah pusat untuk percepatan pembangunan di Tanah Papua. Bahkan pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden No 24 Tahun 2023 tentang Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua 2022-2041.

"Kami secara khusus mengajak pimpinan pemerintah daerah, TNI-Polri, DPRD dan MRP (Majelis Rakyat Papua) untuk mewujudkan kemandirian gereja demi kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia menambahkan, enam Penjabat Gubernur di Tanah Papua diajak bersama-sama melihat langkah untuk 20 tahun ke depan Papua Emas 2045 dan Indonesia Emas 2045.

"Mari filosofi kasih, keadilan, kedamaian dan kesejahteraan jadi agenda besar kita semua," ujarnya.

Baca juga: Kemenag RI serahkan bantuan dana pembangunan bagi 23 gereja di Papua

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024