Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengucapkan selamat atas kemenangan Tony Abbott sebagai perdana menteri terpilih Australia dan berharap kerja sama kedua negara dapat terus meningkat di masa datang.

"PM Abbott menyatakan keyakinannya kedua negara dapat membangun kerja sama yang sangat baik dan menggarisbawahi bahwa Australia dalam pandangannya merupakan mitra terpercaya Indonesia," kata Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa.

Faiza, yang mendampingi Presiden berbicara dengan Tony Abbott melalui telepon, mengatakan bahwa Tony Abbott akan hadir dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Forum Kerja sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Bali pada Oktober.

Dalam pembicaraan itu, menurut Faiza, juga dibahas peluang untuk melakukan pertemuan sebelum KTT APEC guna membahas isu-isu yang menjadi perhatian bersama kedua negara serta perkembangan kawasan.

Lebih lanjut Faiza menilai sekalipun terjadi perubahan kepemimpinan di Australia namun secara umum dinilainya tidak ada perubahan kebijakan politik antara kedua negara mengingat hubungan kedua negara dibangun dengan pondasi kerangka kerja sama yang telah disepakati bersama oleh kedua negara.

Pemimpin Koalisi Liberal-Nasional Tony Abbott memenangkan pemilihan umum Federal Australia dan diperkirakan akan memiliki kursi mayoritas di parlemen yang terbesar sejak 1996. Kubu Tony Abbott berhasil mengalahkan kubu Kevin Rudd dalam pemilihan umum yang digelar pada akhir pekan lalu.

(G003/Z002)

Pewarta: GNC Aryani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013