Jakarta (ANTARA News) - Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian C Triharso mengatakan Kemenperin melalui Ditjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi tinggi terus berupaya menumbuhkembangkan kelompok usaha pada industri kreatif permainan, animasi dan perangkat lunak (software).

"Sebagai salah sumber penghasil devisa negara, industri kreatif permainan, animasi dan software diharapkan mampu berbuat banyak di masa depan," kata Triharso dalam penganugerahan pemenang lomba Industry Creative Festival 2013 (INCREFEST) di Bandung, melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Triharso mengatakan industri kreatif memiliki potensi ekonomi yang cukup besar. Di sejumlah negara, pendapatan industri digital kreatif bisa lebih besar dibandingkan sektor manufaktur sehingga dapat berkontribusi terhadap pendapatan negara karena kuatnya peran pemerintah dalam pengembangan industri.

Menurut Triharso, Kemenperin akan terus mendorong kolaborasi lintas kementerian dan lintas lembaga untuk meningkatkan daya saing inudstri kreatif lokal dalam menghadapi ketatnya persaingan menjelang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

"Kemenperin akan merintis sinergi kebijakan dan program industri kreatif antarkementerian dan lembaga supaya nanti kita tidak jadi penonton saat MEA 2015. Sebenarnya mereka juga memiliki ambisi yang sama dalam mengembangkan industri kreatif, sekarang tinggal diharmonisasikan saja," tuturnya.

Triharso mengatakan INCREFREST 2013 merupakan salah satu upaya untuk mendorong perkembangan industri permainan, animasi dan perangkat lunak dengan menggali dan memaparkan potensi para pengembang.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk memotivasi para pengembang menghasilkan karya kreatif sehingga mendapat kepercayaan dari masyarakat dan pemerhati," ujarnya.

Kompetisi yang digelar Februari-September 2013 itu diikuti tujuh peserta animasi dan tujuh peserta perangkat lunak.

Para pemenang kompetisi:

Animasi :
1. Nusa Toon, dengan karya Just Teasing
2. Avistisi Pictures, dengan karya Short Anima
3. Graf Motion Studio, dengan karya Renobot

Permainan
1. Mechanimotion, dengan karya The Adventures Of Anoman
2. Maulidan Games, dengan karya Save Punyu
3. Mars Studio, dengan karya Neil

Perangkat lunak
1. PT Badr Interactive, dengan karya Ahmad Laila
2. New Bee Corp, dengan karya Aortalife
3. PT Mesin Pencari Ind, dengan karya Cariii.Com

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013