Sukardi pantas dinilai sebagai pahlawan...
Jakarta (ANTARA News) - Wakapolri Komjen Pol Oegroseno menilai sosok Aipda Anumerta Sukardi yang tewas ditembak orang tak dikenal pada Selasa malam (10/9), sebagai pahlawan.

"Ini merupakan risiko yang dihadapi anggota Polri. Keberadaannya memang dibutuhkan untuk melakukan pengamanan. Sukardi pantas dinilai sebagai pahlawan," kata Oegroseno ketika dihubungi wartawan di Jakarta, Kamis.

Oegro juga mengapresiasi upaya Sukardi yang ketika itu tengah bertugas mengawal enam truk bermuatan komponen berat sebagai upaya melindungi dan melayani masyarakat.

Dia menambahkan adanya beberapa peristiwa penembakan terhadap aparat kepolisian dalam beberapa kurun waktu terakhir telah membuat sejumlah keluarga anggota Polri khawatir.

Menurut dia, hal itu wajar, "Sangat manusiawi jika mengkhawatirkan keselamatan suaminya. Namun, keberadaan polisi sangat dibutuhkan masyarakat. Polisi tidak boleh kalah dengan pelaku penembakan."

Wakapolri mengingatkan agar polisi yang sedang bertugas di lapangan untuk didampingi rekannya. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Ia meminta seluruh jajaran kepolisian untuk tidak gentar pascainsiden penembakan itu.

"Cepat atau lambat, pelaku penembakan pasti dapat ditangkap," tukasnya.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013