Jakarta (ANTARA) - Film konser Taylor Swift: The Eras Tour akan menuju Disney+ dalam sebuah kesepakatan besar untuk layanan streaming, mengingat pengaruh dan luasnya basis penggemar superstar tersebut.

 

Versi yang diperbarui dari film akan ditayangkan secara eksklusif di Disney+ mulai 15 Maret dengan judul yang diperpanjang Taylor Swift: The Eras Tour (Versi Taylor). Dalam film ini akan mencakup lagu "Cardigan" serta empat lagu akustik yang tidak termasuk dalam rilis teatrikal atau VOD.

 

Dilansir dari The Hollywood Reporter, Rabu (7/2) waktu setempat, CEO Disney Bob Iger mengungkapkan berita tersebut saat agenda panggilan pendapatan perusahaan pada hari Rabu.

 

Setiap penyedia streaming pasti akan mengambil kesempatan untuk membawa Eras Tour. Film ini merupakan salah satu sensasi box office terbesar tahun 2023 dan merupakan film dokumenter konser dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa, tanpa penyesuaian untuk inflasi.

Baca juga: Taylor Swift terima Album Pop Terbaik dan umumkan album baru

Baca juga: Joe Biden dikabarkan minta dukungan Taylor Swift menangkan pilpres


 Film ini menghasilkan 180,8 juta dolar AS (Rp2,8 triliun) di dalam negeri dan 80,9 juta dolar AS (Rp1,26 triliun) di luar negeri untuk total yang mengagumkan sebesar 261,1 juta dolar AS (Rp4,08 triliun) dengan anggaran hanya 15 juta dolar AS (Rp234,5 miliar)

Swift dan timnya membuat kejutan bagi banyak orang ketika melewati sistem studio dan menggunakan AMC Theatres untuk mendistribusikan Eras Tour ke bioskop di seluruh dunia, termasuk jaringan pesaing.

 

Keputusan untuk bermitra dengan Disney+ berarti bahwa studio-studio Hollywood besar tidak akan dikesampingkan kali ini.

 

Bulan lalu, Swift pergi ke Beverly Hills untuk menghadiri upacara Golden Globes, di mana Eras Tour, yang disutradarai oleh Sam Wrench, menjadi salah satu film yang bersaing untuk penghargaan pertama dalam kategori prestasi sinematik dan box office terbaik.

 

Sebuah film hanya dapat memenuhi syarat dalam kategori tersebut jika telah menghasilkan setidaknya 150 juta dollar Amerika Serikat di box office global, termasuk 100 juta dollar Amerika Serikat atau lebih di Amerika Utara.

 

Sepanjang masa penayangan box office-nya, film ini hanya diputar dari hari Kamis hingga Minggu. Eras Tour sangat menguntungkan dari penonton yang menonton berkali-kali dalam perjalanannya menuju status langka sebagai unicorn box office.

 

Pertanyaan besar sekarang adalah apakah film ini bisa menjadi unicorn streaming dan sendirian menarik langganan baru ke Disney+?

 

Iger bertaruh bahwa bisa. "The Eras Tour telah menjadi fenomena sejati yang telah dan terus menghibur penggemar di seluruh dunia, dan kami sangat bersemangat untuk membawa konser yang memukau ini kepada penonton di mana pun mereka berada, secara eksklusif di Disney+," katanya.

 

Baca juga: Taylor Swift kembali semangati Travis Kelce di kejuaraan AFC 2024

Baca juga: X batasi pencarian "Taylor Swift" perlambat penyebaran gambar palsu

 

 

Penerjemah: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024