Jepara (ANTARA) - Kepolisian Resor Jepara, Jawa Tengah, menyiapkan personel untuk mengawal setiap truk pengangkut yang mulai mendistribusikan logistik pemilu ke panitia pemilihan kecamatan.

"Personel mengamankan setiap truk yang mendistribusikan logistik pemilu untuk memastikan logistik pemilu yang tersimpan di kotak suara sampai di kecamatan dengan aman tanpa ada gangguan di jalan," kata Kepala Polres Jepara Ajun Komisaris Besar Polisi Wahyu Nugroho Setyawan di Jepara, Kamis.

Kapolres menyampaikan hal itu di sela memantau pendistribusian logistik pemilu bersama Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Infanteri Mokhamad Husnur Rofiq dan Ketua KPU Kabupaten Jepara Ris Andy Kusuma di gudang logistik KPU, Desa Mulyoharjo, Kabupaten Jepara.

Baca juga: Polres Jepara kawal kedatangan logistik bilik suara untuk KPU Jepara

Ia mengatakan pengamanan tidak hanya saat pendistribusian logistik pemilu dari gudang KPU ke seluruh panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang dimulai hari ini, tetapi juga saat pendistribusian ke panitia pemungutan suara (PPS) dan masing-masing tempat pemungutan suara (TPS).

Anggota KPU Kabupaten Jepara Muhammadun menambahkan pendistribusian logistik Pemilu 2024 untuk tahap pertama ditujukan untuk enam kecamatan dengan jumlah 6.505 kotak suara yang berisi berbagai kebutuhan pemilu. Sedangkan kecamatan lainnya didistribusikan secara bertahap dengan menggunakan truk milik PT Pos.

Keenam kecamatan meliputi Donorojo, Keling, Kembang, Nalumsari, Mayong, dan Welahan dengan kebutuhan logistik masing-masing kecamatan berbeda-beda.

Baca juga: KPU Jepara awali distribusi logistik pemilu ke Karimunjawa

Tahap berikutnya pada Jumat (9/2), yakni ke Kecamatan Mlonggo, Bangsri, Pakis Aji, Pecangaan, Kalinyamatan, dan Batealit. Sedangkan untuk Kecamatan Jepara, Kedung, dan Tahunan dikirim pada Sabtu (10/2).

"Total logistik pemilu yang didistribusikan meliputi 17.450 kotak suara yang di dalamnya terdapat logistik, serta bilik suara 13.960 unit dengan jumlah tempat pemungutan suara sebanyak 3.490 TPS yang tersebar di 16 kecamatan, termasuk Karimunjawa," ujarnya.

Khusus Kecamatan Karimunjawa, kata dia, sudah didistribusikan lebih awal pada 3 Februari 2024 karena pertimbangan cuaca di perairan laut Jepara.

Untuk pengiriman logistik dari PPK ke PPS di semua desa/kelurahan dijadwalkan pada 11 dan 12 Februari 2024. Sedangkan dari desa/kelurahan ke TPS dijadwalkan serentak pada 13 Februari 2024 atau sehari sebelum pemungutan suara.

"Khusus Karimunjawa, pengiriman dari tingkat kecamatan ke desa dijadwalkan tanggal 8 Februari 2024," ujarnya.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024