Kulon Progo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyebut  pemilih pemula di wilayah ini sebanyak 46.561 atau 13 persen dari Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2024 yang tercatat sebanyak 345.038 pemilih.

Ketua KPU Kulon Progo Budi Priyana di Kulon Progo, Kamis, mengatakan pemilih pemula Kulon Progo sebanyak 46.561 tersebut setara dengan lima kursi atau satu fraksi di DPRD Kulon Progo.

"Kami berharap bagi pemilih pemula yang sudah memiliki hak pilih, di tanggal 14 Februari 2024 agar datang ke TPS, berpartisipasi dalam menyukseskan Pemilu 2024," kata Budi Priyana.

Ia juga berharap pemilih pemula memilih sesuai hati nuraninya dan menjadi pemilih yang cerdas. Kenali siapa yang akan dipilih melalui website KPU dan jangan memilih karena kepentingan sesaat.

"Itu sebabnya, partisipasi pelajar sebagai pemilih pemula di Pemilu 2024 sangat diperhitungkan," katanya.

Sementara itu, Kabinda DIY Brigjen TNI Rachmad Puji Susetyo mengapresiasi Hari Pers Nasional di Kulon Progo dimana kegiatan yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan seluruh pemangku kepentingan.

Dalam Pemilu 2024, pemilih pemula harus menjadi pemilih yang cerdas. Suara pemilih pemula sangat berharga dan akan menentukan masa depan negara, termasuk wakil rakyat di daerah.

"Suara pemilih pemula dan generasi Z dalam Pemilu 2024 akan diperebutkan oleh kontestan. Sehingga pemilih pemula agar menggunakan hak pilihnya dengan baik," katanya.

Rachmad Puji Susetyo mengatakan saat ini, informasi yang beredar terkait Pemilu sangat beraneka ragam. Di media sosial ada informasi yang positif dan ada informasi yang menyesatkan.

"Pemilih pemula harus hati-hati saat mencari informasi tentang kontestan dalam pemilu agar tidak salah pilih," katanya.
Baca juga: KPU Kulon Progo buka posko layanan pindah memilih mahasiswa KKN
Baca juga: KPU Kulon Progo perbolehkan 15 lokasi kampanye terbuka Pemilu 2024
​​​​​​​
Baca juga: KPU Kulon Progo buka posko layanan pindah memilih mahasiswa KKN

Pewarta: Sutarmi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024