Yogyakarta (ANTARA News) - Perpustakaan Kota Yogyakarta menyiapkan sejumlah "door prize" menarik untuk pengunjung dalam menyemarakkan Hari Kunjung Perpustakaan pada Sabtu (14/9).

"Kami sudah siapkan sepeda, peralatan elektronik seperti kipas angin dan gadget lain. Jumlahnya belum bisa dipastikan, karena masih banyak pihak yang ingin menyumbangkan hadiah untuk menyemarakkan kegiatan itu," kata Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, tujuan dari diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah untuk lebih meningkatkan tingkat kunjungan di perpustakaan. Jumlah pengunjung rata-rata di perpustakaan mencapai sekitar 500 orang per hari, yang sebagian besar adalah pelajar dan mahasiswa.

Pada Sabtu (14/9), setiap pengunjung akan memperoleh kupon "door prize". Kupon tersebut akan diundi pada hari yang sama pukul 19.00 WIB untuk memperebutkan hadiah.

Selain menyiapkan "door prize", pengunjung perpustakaan pada saat peringatan Hari Kunjung Perpustakaan akan memperoleh sambutan dan layanan prima dari petugas yang ada.

Sejumlah kegiatan jugadigelar untuk memperingati Hari Kunjung Perpustakaan di antaranya literasi angkringan yang telah dilakukan pada Kamis (12/9), yaitu memanfaatkan angkringan untuk meningkatkan literasi masyarakat.

Pada Selasa (17/9) akan digelar kegiatan diskusi buku perpustakaan dan literasi difabel pada Kamis (19/9) untuk meningkatkan akses informasi bahan pustaka terutama bagi penyandang "low vision".

Selain itu, perpustakaan juga akan menggelar kegiatan sanggar jurnalistik remaja pada 25-27 September. Kegiatan tersebut ditujukan untuk siswa SMP dan SMA atau sederajat.

"Masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan tersebut dapat mendaftar di Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Yogyakarta paling lambat dua hari sebelum kegiatan dimulai," katanya.

Ia berharap, rangkaian kegiatan yang digelar untuk menyemarakkan Hari Kunjung Perpustakaan tersebut akan semakin meningkatkan pemahaman masyarakat bahwa perpustakaan bukan hanya tempat untuk meminjam buku.

"Perpustakaan adalah tempat pembelajaran masyarakat yang menarik, nyaman dan rekreatif. Apalagi, lokasi perpustakaan sangat strategis di pusat kota," katanya.

Wahyu menyatakan, Perpustakaan Kota Yogyakarta akan terus melakukan pembenahan untuk memenuhi kebutuhan literasi masyarakat, di antaranya pembangunan gedung tiga lantai yang rencananya dilakukan tahun depan. 

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013