Pada acara APEC 2013, akan dicanangkan target lima juta wirausaha muda baru hingga 2025,"
Jakarta (ANTARA News) - Deputi Menteri Koordinator Perekonomian Bidang Perniagaan dan Kewirausahaan Edy Putra Irawady mengatakan pemerintah menargetkan penambahan lima juta wirausaha baru hingga 2025 dengan mengembangkan sumber daya manusia untuk kemajuan wirausaha nasional.

"Sejak Februari 2011 ada gerakan wirausaha nasional, dan pemerintah juga telah mengeluarkan banyak kebijakan untuk mendukung kemajuan kewirausahaan. Pada acara APEC 2013, akan dicanangkan target lima juta wirausaha muda baru hingga 2025," kata Edy di Jakarta, Jumat.

Pernyataan tersebut ia sampaikan dalam konferensi pers "APEC Unthinkable Week 2013" dan "Persiapan Sosialisasi Program Pengembangan Kewirausahaan Nasional" di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Menurut Edy, sejauh ini ada empat masalah pokok dalam pengembangan kewirausahaan nasional, terutama sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Keempat masalah itu terkait dengan akses pembiayaan, akses pemasaran, regulasi birokrasi, dan kapasitas UMKM.

Untuk mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan akses pembiayaan, kata dia, pemerintah telah mengeluarkan sejumlah kebijakan dan program untuk membantu dunia wirausaha.

"Misalnya, program yang melalui bank itu seperti KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan KKPE (Kredit Ketahanan Pangan dan Energi). Selain itu, ada juga dari LPDB (Lembaga Pengelola Dana Bergulir) dan pegadaian," ujarnya.

Selanjutnya, untuk menangani masalah pengembangan kewirausahaan yang terkait akses pemasaran, Edy mengatakan pemerintah mengeluarkan kebijakan agar produk-produk UMKM juga dapat masuk ke pusat-pusat perbelanjaan, seperti plasa dan mal.

"Tidak hanya itu, kami juga mempromosikan penggunaan produk-produk dalam negeri kepada masyarakat," katanya.

Dalam upaya peningkatan kapasitas wirausaha, kata Edy, pemerintah berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam kewirausahaan dengan tiga tahap, yaitu pembibitan, penempaan, dan pengembangan.

Ia menjelaskan dalam tahap pembibitan akan ada penyebarluasan gerakan-gerakan kewirausahaan.
(Y012/N002)

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013