antara 12 Februari malam atau 13 Februari pagi
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat menargetkan distribusi logistik logistik pemilu ke tempat pemungutan suara (TPS) di daerah itu, paling lambat, Selasa (13/2) pagi.

"Logistik kita distribusi antara 12 Februari malam atau 13 Februari pagi, ke TPS dari PPK (panitia pemilihan kecamatan)," kata Ketua KPU Jakbar, Endang Istianti saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan, hal itu dilakukan setelah logistik pemilu lengkap di penyimpanan kecamatan dan distribusi surat suara calon presiden dan calon wakil presiden, DPR RI Dapil Jakarta III, DPD DKI, dan DPRD DKI selesai ke delapan kecamatan daerah itu, Jumat (2/2).

Endang mengatakan bahwa distribusi logistik pemilu dari PPK, tidak langsung ke TPS, melainkan transit di RW terlebih dahulu.

Baca juga: Polisi kawal pengiriman logistik Pemilu 2024 ke sejumlah pulau

"Kan tidak langsung ke TPS, tapi dikumpulkan dulu di RW," lanjut Endang.

Dari RW, logistik pemilu akan dijemput petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan distribusi menuju TPS.

Logistik yang sudah berada di PPK di antaranya adalah surat suara, alat bantu tuna netra, ballpoint, karet pengikat, spidol, kantong plastik, stiker label kotak suara, beberapa jenis sampul surat suara dan berbagai jenis formuilir C dan beberapa jenis logistik pemilu lainnya.

Selain itu, masing-masing surat suara pada empat kategori pemilihan, yakni DPR RI Dapil Jakarta III, DPRD DKI, presiden dan calon wakil presiden dan DPD memiliki masing-masing 1.946.535 surat suara ditambah dua persen.

Baca juga: Wakil Wali Kota Jakpus kembali monitor gedung logistik tiga kecamatan

Sementara itu, di Jakarta Barat terdapat 7.169 TPS dan jadwal Pemilu 2024 tetap pada Rabu, 14 Februari 2024.

 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024