Jika Rooney dan Van Persie tampil bareng sama ketika keduanya menghadapi Crystal Palace pada pekan lalu, maka keduanya berpeluang mencetak gol ke gawang Leverkusen.
Manchester (ANTARA News) - Manajer anyar Manchester United (MU), David Moyes siap mencicipi untuk kali pertama cita rasa perseteruan Liga Champions dengan menjajal Bayer Leverkusen.

Bermain di kandang sendiri di hadapan pecinta sejati skuad Setan Merah, tentu laskar asuhan Moyes siap meladeni salah satu skuad kokoh dari Bundesliga, Bayer Leverkusen.

Kedua tim maju ke gelanggang duel dalam laga Grup A Liga Champions yang digelar di stadion Old Trafford, pada Rabu dinihari, pukul 04.00 WIB. Tayangan laga ini dikemas dalam tayangan tunda yang disiarkan oleh SCTV.

Moyes jelas-jelas menghadapi pengalaman baru dengan memimpin MU dalam ajang Liga Champions.

Pelatih asal Skotlandia itu mewarisi tugas tidak ringan setelah menerima tongkat estafet dari Alex Ferguson yang nota bene telah mendulang dua kali sukses, pertama pada 1999, kedua pada 2008.

Moyes baru sekali mendampingi Everton di kualifikasi Liga Champions delapan tahun lalu. Hasilnya, Everton dipukul mundur di babak penyisihan oleh Villareal yang ketika itu ditukangi oleh Manuel Pellegrini pada 2005.

Manchester United pernah menorehkan hasil positif dengan menekuk Leverkusen di semifinal Liga Champions 2001-2002. Saat itu pasukan MU memenangkan dua leg sekaligus dengan agregat 4-1. Kini, tugas Moyes mengulang sukses tersebut justru di Old Trafford.

Jelas, bahwa kini Moyes menghadapi dilema atas kebugaran Wayne Rooney, sesudah striker timnas Inggris itu bermain selama 90 menit ketika United menang 2-0 atas Crystal Palace pada Sabtu lalu. Ia mengenakan pelindung kepala setelah kepalanya mengalami cedera saat membela Inggris.

Lawan yang kali ini dihadapi MU, Leverkusen yang nota bene dilatih oleh Sami Hypia, mantan pemain Liverpool. Ia tentu fasih benar dengan gaya bermain MU karena ia berkubang di Anfield selama 10 tahun.

Duet timnas Inggris Danny Welbeck (cedera lutut) dan Phil Jones (cedera engkel) masih diselimuti tanda tanya apakah memperkuat United.

Komentar dua pelatih:

Sami Hyypia (Leverkusen):
"Situasinya kini berbeda ketika saya di Inggris sebagai pemain. Saya gembira dapat kembali ke Inggris, dan melakoni laga besok. Kami bersiap menghadapi laga yang sengit. Setiap pelatih dan setiap pemain berharap dapat tampil di Liga Champions. Kami berharap memperoleh hasil positif."

"Saya terakhir kali bermain membela Liverpool, dan waktu itu kami menang 4-1. Kemenangan itu begitu istimewa dan saya bermain baik. United punya harapan di musim ini dan saya berpendapat bahwa ia (Moyes) berada di bawah tekanan dibandingkan saya."

"Kami akan bertanding dengan rileks. Kami harus menghormati tuan rumah, meski tidak berlebihan juga. Saya akan memberi komando kepada seluruh pasukan untuk berlaga dengan gagah berani."

"Ini pertama kali United memulai musim dengan lamban. David Moyes manajer berpengalaman, dan ia membutuhkan waktu beradaptasi. Saya berharap kami menyulitkan mereka dengan ritme permainan yang kami kembangkan."

David Moyes (Manchester United):
"Kami akan menghadapi tim asal Jerman, tim dari Spanyol dan kami harus ke Dotensk untuk melawan Shakhtar yang telah banyak mengenyam pengalaman berlaga di Liga Champions. Kami berada di grup yang alot."

"Saya menuju ke old Trafford, dan saya senantiasa bersemangat dengan atmosfer di Old Trafford. Saya berharap memperoleh dukungan penuh dari para pendukung setia. Para pemain termotivasi karena atmosfer kompetisi, dan dengan begitu kami akan membuktikannya."

"Sami Hypia kini punya posisi baru. Saya senantiasa ingin meraih sukses di ajang Liga Champions. Segala sesuatunya dapat saja terjadi."

Prakiraan susunan pemain:

Manchester United (4-2-3-1)
De Gea (penjaga gawang), Smalling, Evans, Vidic, Evra, Valencia, Carrick, Fellaini, Giggs, Rooney, van Persie

Leverkusen (4-3-3):
Leno (penjaga gawang), Donati, Toprak, Spahic, Boenisch, Bender, Reinartz, Castro, Sam, Heung-Min, Kiessling

Warta terkini kedua klub:

Manchester United:
* Ketika mengomentari penampilannya kali pertama di Liga Champions, Moyes menyatakan, "Saya begitu bersemangat sejak kali pertama bergabung bersama dengan Manchester United."
* Nani terkena larangan bertanding sesudah menerima kartu merah.
* Phil Jones dan Rafael absen, begitu pula dengan Welbeck.
* Shinji Kagawa siap tampil setelah pulih dari flu.
* Jonny Evans telah fit, Rio Ferdinand atau Nemanja Vidic kemungkinan istirahat.
* Marouane Fellaini siap melakoni debut bersama United.

Leverkusen:
* Direktur olah raga Leverkusen, Rudi Voller mengatakan, "Ini grup yang sangat alot dan sarat tantangan. Kami tidak boleh kalah. Manchester United tentu mendapat dukungan penuh para pendukung setianya."
* Sebagai pelatih, baik David Moyes maupun Hypia sama-sama melakoni laga perdana di Liga Champions.
* Leverkusen telah melewati musim yang mengesankan dengan meraup empat kemenangan dari lima laga.
* Striker Stefan Kiessling dan pemain sayap Sidney Sam telah mencetak empat gol dalam lima pertandingan di Bundesliga.
* Lars Bender menghadapi tes kebugaran.   
* Dominik Kohr dan Niklas Lomb absen karena mengalami cedera.
* Omer Toprak yang menjalani istirahat pada pekan ini, siap tampil.
 
Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Manchester United 2-0 Leverkusen (20,85 persen)
* Manchester United 3-1 Leverkusen (16,06 persen)
* Manchester United 3-0 Leverkusen ( 14 persen)

Lima laga terakhir:

Manchester United
14 Sep 2013    Manchester United 2 - Crystal Palace 0    EPL
 1  Sep 2013    Liverpool 1 - Manchester United 0    EPL
26 Aug 2013    Manchester United 0 - Chelsea 0    EPL
17 Aug 2013    Swansea City 1 - Manchester United 4    EPL
11 Aug 2013    Wigan Athletic 2 - Manchester United 0    FACS

Leverkusen
14 Sep 2013    Leverkusen 3 - Wolfsburg 1    GER1
31 Aug 2013    Schalke 04 2 - Leverkusen 0    GER1
24 Aug 2013    Leverkusen 4 - Mönchengladbach 2    GER1
17 Aug 2013    Stuttgart 0 - Leverkusen 1    GER1
10 Aug 2013    Leverkusen 3 - Freiburg 1    GER1

Narasi prediksi:
* Leverkusen finis di posisi ketiga Bundesliga musim lalu, hanya terpaut satu poin di belakang Borussia Dortmund, yang nota bene mengukir prestasi gemilang di Liga Champions.
* United menang dua kali dan dua kali imbang dalam empat pertandingan melawan Leverkusen di ajang Liga Champions.
* United tidak memulai musim ini dengan hasil brilyan. Jika Rooney dan Van Persie tampil bareng sama ketika keduanya menghadapi  Crystal Palace pada pekan lalu, maka keduanya berpeluang mencetak gol ke gawang Leverkusen.
* United memang berada di atas angin meraup tiga poin penuh, meski tim papan atas Liga Inggris (Premier League) itu harus bersaing ketat dengan Stefan Kiessling dan Sidney Sam.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Manchester United: 1
Leverkusen: 2

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013