Mudah-mudahan keputusan tersebut akan bermanfaat bagi kepentingan institusi komisi III DPR dan bukan hanya untuk kepentingan Partai Demokrat
Zul Sikumbang Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR RI, Ahmad Basarah menyambut baik keputusan Fraksi Partai Demokrat yang menunjuk Ruhut Sitompul menggantikan Pasek Suardika sebagai Ketua Komisi III.

"Saya menghormati wewenang Fraksi Demokrat untuk merotasi Ketua Komisi III DPR RI dari Gede Pasek ke Ruhut Sitompul. Mudah-mudahan keputusan tersebut akan bermanfaat bagi kepentingan institusi komisi III DPR dan bukan hanya untuk kepentingan Partai Demokrat," kata Basarah di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis.

Politisi PDIP itu menambahkan, jika Ruhut tidak mampu menempatkan diri sebagai pemimpin institusi Komisi III DPR RI dengan cara-cara yang arif dan bijaksana, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi penolakan-penolakan dari rekan-rekan anggota Komisi III DPR RI yang lain.

"Dan hal tersebut dapat mendown-great kredibilitas Komisi III DPR RI di mata publik," kata Basarah.

Sementara itu, anggota Komisi III DPR RI dari PPP, Ahmad Yani menyatakan, bisa saja anggota Komisi III menolak Ruhut Sitompul meskipun ketua komisi III adalah jatah Fraksi PD.

"Penggantian pimpinan komisi III memang adalah hak fraksi untuk menempatkan anggota-anggotanya, akan tetapi harus mendapat persetujuan anggota komisi dalam rapat komisi, biasanya anggota komisi memberikan persetujuan, nanti kita lihat saja pada waktu proses pemberitahuan dan serah terima yang dipimpim oleh Pimpinan DPR, apakah Ruhut disetujui atau ditolak oleh anggota komisi III."

"Kalau disetujui langsung menjadi ketua komisi, kalau ditolak maka fraksi menganti dengan anggota yang lain untuk menjadi pimpinan komisi," kata Yani.
(Zul) 

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013