Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Sudaryono meminta seluruh lapisan masyarakat di Indonesia untuk menghormati hasil hitung cepat Pemilu 2024 yang ini tengah berlangsung.
 
Diketahui, berdasarkan hasil hitung cepat sementara sejumlah lembaga, pasangan Prabowo-Gibran mendominasi lebih dari hampir 60 persen perolehan suara nasional.
 
"Saya selalu Ketua APPSI meminta mengimbau agar semua pihak menghormati hasil pemilu. Saat ini hasil hitung cepat pasangan Prabowo-Gibran sudah menang satu putaran," kata Sudaryono, dikutip dari keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.
 
Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah itu juga mengingatkan pihak yang keberatan dengan hasil hitung cepat pemilu yang sudah berlangsung secara jujur dan adil tersebut, bisa membawa keberatan-nya ke jalur yang sesuai dengan peraturan perundangan mengenai pemilu.

Baca juga: Tanggapi hasil hitung cepat, Mardiono enggan perang opini 

Baca juga: Ganjar tanggapi hasil hitung cepat sementara: Percaya enggak?
 
"Kalau pun ada yang keberatan, bisa disalurkan ke saluran pemilu yang sah, baik itu KPU, Bawaslu, DKPP atau MK," kata dia.
 
Ia turut menegaskan bahwa proses pemilu yang berlangsung selama ini sudah sesuai peraturan, sehingga perpecahan antar-anak bangsa harus dihindari dan kerukunan harus dijalin.
 
"Hasil pemilu ini adalah pilihan rakyat, dan kami, Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia, mendukung pemilu damai," ujarnya.
 
Pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024.

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024