Kondisi satwa sehat, hanya saja butuh perawatan untuk mengembalikan kesehatan
Ambon (ANTARA) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Maluku kembali berhasil mengamankan sebanyak 13 ekor satwa liar dilindungi, di Pelabuhan Laut Bastion Ternate.

Satwa yang diamankan tersebut dengan rincian sebanyak 12 ekor burung nuri ternate dan satu ekor bayan hijau. Belasan burung tersebut ditemukan dalam KM Sumber Raya 04 saat melakukan rute dari Pelabuhan Obi-Kupal-Ternate.


“Burung-burung tersebut diletakkan di lokasi berbeda dalam kapal dan petugas mengumpulkan pada satu titik,” kata Polisi Hutan (Polhut) BKSDA Maluku Seto, di Ambon, Kamis.

Ia menyatakan, setelah burung-burung tersebut ditemukan, petugas berkoordinasi dengan kapten kapal bersama anak buah kapalnya, namun tidak diketahui pemiliknya.

“Burung-burung tersebut diamankan oleh petugas Seksi Konservasi Wilayah (SKW) dan langsung dibawa ke kandang untuk dilakukan proses rehabilitasi,” terang Seto.

Baca juga: BKSDA Maluku amankan satwa liar burung bayan hijau
Baca juga: BKSDA Maluku amankan satwa burung nuri kepala hitam Papua di Ambon


Menurut Seto, saat ini satwa-satwa tersebut sudah dikarantina di kandang stasiun konservasi satwa. "Kondisi satwa sehat, hanya saja butuh perawatan untuk mengembalikan kesehatan satwanya sebelum dilepasliarkan kembali ke habitatnya," katanya.

Berdasarkan Undang-Undang No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya maka barangsiapa dengan sengaja menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup akan diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun dan denda paling banyak Rp100 juta.

Sebelumnya pada Senin, BKSDA Provinsi Maluku juga mengamankan sebanyak dua satwa liar jenis burung bayan hijau (electus roratus) dan burung nuri maluku (eos bornea) di Pelabuhan Saumlaki.

Petugas seksi wilayah III Saumlaki yang melakukan pengawasan di Pelabuhan Yos Sudarso Saumlaki menemukan satwa liar di kapal KM Leuser yang ditinggalkan pemiliknya.
 

Baca juga: BKSDA lepas liarkan 24 ekor burung nuri maluku
Baca juga: BKSDA: Kasus peredaran tumbuhan dan satwa endemik turun di Maluku
Baca juga: BKSDA Maluku translokasi 49 satwa liar ke Taman Safari Indonesia


Pewarta: Winda Herman
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024