Istanbul (ANTARA) - Uni Emirat Arab pada Rabu mengatakan sedang berupaya menyediakan layanan internet pita lebar satelit Starlink SpaceX untuk rumah sakit lapangan milik mereka di kota Rafah, Jalur Gaza selatan.

Abu Dhabi sedang bekerja sama "dengan mitra dari beberapa organisasi dan rumah sakit internasional dan regional untuk memperkenalkan pita lebar satelit Starlink SpaceX di rumah sakit lapangannya di Jalur Gaza, menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri.

Upaya ini bertujuan “untuk memungkinkan konsultasi medis yang berpotensi menyelamatkan nyawa melalui panggilan video waktu-nyata,” tambahnya.

Pernyataan itu menyoroti "pentingnya internet berkecepatan tinggi yang dapat diandalkan untuk memastikan kualitas layanan medis oleh rumah sakit yang merawat warga Palestina di Jalur Gaza.

Hal itu juga untuk "memastikan pentingnya pengiriman bantuan keselamatan dan kemanusiaan yang segera, aman, berkelanjutan, dan tanpa hambatan ke Jalur Gaza".

Peringatan internasional meningkat mengenai bombardir Israel di kota Rafah, di tengah persiapan untuk serangan darat, mengancam ratusan ribu pengungsi yang mencari perlindungan di sana.

Sejak serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan sekitar 1.200 orang, Israel melakukan serangan balasan ke Gaza dan menewaskan lebih dari 28.500 orang, menyebabkan kehancuran massal dan kekurangan bahan-bahan kebutuhan pokok.

Perang Israel di Gaza telah menyebabkan 85 persen penduduk wilayah tersebut mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang dalam keputusan sementara pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan menjamin bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Seorang tewas akibat serangan Israel ke Rumah Sakit Nasser
Baca juga: Afrika Selatan sesalkan Israel abaikan putusan ICJ soal Gaza

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2024