Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI menyiagakan ​​​​​relawan di setiap wilayah di Jakarta untuk melayani warga yang membutuhkan pertolongan cepat dan gawat darurat.

"Rata-rata setiap wilayah itu kita nyatakan 30 sampai 50 orang relawan," kata Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Provinsi DKI Jakarta Edwar Bachtiar saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Edwar menuturkan puluhan relawan itu terlatih untuk memberikan pertolongan pertama, evakuasi hingga memberikan edukasi kepada warga.

Selain itu, PMI DKI juga menyiagakan dua unit ambulans siap jalan, yakni berada di kantor dan posko kesehatan yang telah disiapkan di sejumlah lokasi.

Posko kesehatan itu dibuka selama 24 jam untuk melayani pasien yang butuh pertolongan darurat. "Jadi di setiap wilayah dan tingkat provinsi ada, jika ditotal ada 14 unit ambulans yang kita miliki," katanya.

Baca juga: PMI DKI siapkan tim kesehatan hingga ambulans saat pemungutan suara
Baca juga: PMI DKI ingatkan seluruh anggota soal netralitas pada Pemilu 2024


Selain posko kesehatan, PMI DKI juga 24 jam memberikan layanan donor darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI dan ambulans untuk setiap wilayah Jakarta.
 
Untuk layanan ambulans gawat darurat dan mobil jenazah bisa menghubungi PMI DKI melalui nomor WhatsApp 081283808876 atau (021) 3907878.

Pada Pemilu 2024, PMI DKI mengerahkan delapan tim kesehatan itu terdiri atas dokter, perawat hingga sopir yang mumpuni dan siap sedia 24 jam.

PMI juga menyediakan kendaraan roda dua agar bisa masuk ke dalam gang-gang untuk mendatangi lokasi yang sulit dijangkau kendaraan roda empat.

Sebelumnya, PMI DKI Jakarta menyiapkan tim kesehatan hingga ambulans saat pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 di seluruh wilayah.

"Jadi memang kita siagakan, dua unit mobil ambulans yang di dalamnya masing-masing terdiri atas tiga atau empat orang," kata Pelaksana Tugas (Plt) Ketua PMI DKI Jakarta Sibrohmalisi.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024