Tapi kalau yang paling kita khawatirkan pada saat dia ada penyakit penyerta seperti diabetes dan lainnya
Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta menyediakan pos kesehatan siaga Lebaran bagi pemudik di sejumlah terminal, stasiun, hingga pelabuhan yang ada di wilayah Jakarta.
 
"Kami menyediakan di enam wilayah kota atau kabupaten yang ada di DKI Jakarta," kata Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan Sosial PMI DKI Jakarta Sibroh Malisi saat dihubungi di Jakarta, Senin.
 
Sibroh menuturkan posko ini tersebar di segala lokasi padat pemudik untuk memastikan kesehatan mereka sebelum melakukan perjalanan jauh.
 
Adapun pelayanan pengecekan kesehatan ini meliputi pengecekan tensi darah, pemberian vitamin hingga memberikan edukasi terkait pelayanan PMI DKI kepada masyarakat.
 
"Posko ini sudah tersedia sebelum sampai H+7 Lebaran untuk mengantisipasi," ujarnya.
 
Dia menambahkan ada beberapa keluhan atau penyakit yang sering dialami penumpang yakni kelelahan, diare, hingga hipertensi.
 
"Tapi kalau yang paling kita khawatirkan pada saat dia ada penyakit penyerta seperti diabetes dan lainnya," ujarnya.
 
Untuk menangani keluhan penumpang, pihaknya mengedepankan melalui pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Jika ditemukan penanganan serius, maka nanti akan dirujuk ke rumah sakit.
 
Diingatkan pula kepada para pemudik untuk menjaga kesehatan fisik maupun psikis demi kenyamanan serta keamanan selama perjalanan ke kampung halaman.
 
"Harus mempersiapkan diri baik fisik maupun psikis, karena kondisi di jalan kan tidak menentu ya pada saat ini bisa banjir ataupun panas," ujarnya.
 
PMI DKI mengerahkan sebanyak empat personel yakni sopir, dokter, dan perawat pada setiap pos kesehatan Siaga Lebaran.
 
Posko kesehatan siaga Lebaran PMI tersedia di Stasiun l Senen, Stasiun Gambir, dan Stasiun Tanah Abang (Jakarta Pusat), Terminal Bayangan Lebak Bulus, Taman Margasatwa Ragunan, dan Danau Setu Babakan (Jakarta Selatan).
 
Lalu, Pulau Untung Jawa, Pari, Pramuka, Tidung, Harapan, dan Kelapa (Kepulauan Seribu), dan Terminal Pulo Gebang dan Terminal Kampung Rambutan (Jakarta Timur).
 
Pelabuhan Tanjung Priok dan Terminal Tanjung Priok (Jakarta Utara) serta Terminal Grogol dan Terminal Kalideres (Jakarta Barat).
Baca juga: PMI DKI Jakarta resmi serahkan bantuan masjid dan mushala di Cianjur
Baca juga: PMI DKI pastikan kantong darah tersedia bagi penderita thalasemia
Baca juga: Dispusip DKI siap bantu tingkatkan tata kelola kearsipan PMI DKI

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024