Konten acara yang utama di ajang tersebut ialah kolaborasi antara rambut dan busana (hair and fashion style).
Jayapura (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Jayapura, Papua membidik pelajar pada jenjang SMP dan SMA/SMK di daerah ini menjadi peserta pada ajang Irian Creative Week (ICW) yang akan digelar pada 8-10 Maret 2024 dalam rangka HUT ke-114 Kota Jayapura.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Matias Mano, di Jayapura, Selasa, mengatakan pelaksanaan Irian Creative Week akan diisi berbagai perlombaan di antaranya lomba tari yospan, dance dan e-sport.

"Namun sebenarnya konten acara yang utama di ajang tersebut ialah kolaborasi antara rambut dan busana (hair and fashion style)," katanya pula.

Menurut Mano, tujuan pihaknya menyasar peserta didik untuk berpartisipasi dalam Irian Creative Week 2024 supaya para siswa dapat mempromosikan dan melestarikan seni dan budaya Port Numbay.

"Yang terpenting juga bagaimana kami memberikan ruang agar mereka bisa mengeluarkan semua kreativitas yang ada di sekolah masing-masing," ujarnya.

Pihaknya berharap semua SMP dan SMA/SMK di Kota Jayapura dapat berpartisipasi dalam ajang tersebut guna menunjukkan kreasi dan seni yang ada pada masing-masing sekolah.

"Kami juga menjadikan Irian Creative Week itu untuk menampilkan sesuatu yang sementara populer seperti saat ini ialah goyang daboy," katanya lagi.

Selain itu, katanya lagi, juga penyelenggaraan Irian Creative Week yang akan dilaksanakan di Taman Imbi, Distrik Jayapura Utara sebagai ajang zona Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

"Kami sudah bersepakat dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua mulai dari pendaftaran peserta lomba hingga transaksi harus menggunakan QRIS," ujarnya.

Saat ini pihaknya sementara menyiapkan semua konten acara baik itu untuk pertunjukan maupun stan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Kami menargetkan sekitar 40-50 UMKM akan mengisi stan yang disediakan pada Irian Creative Week IV pada Maret 2024," katanya pula.
Baca juga: Dispar Jayapura: Irian Creative Week digabungkan pekan QRIS nasional
Baca juga: Pemkot Jayapura: Irian Creative Week ajang meningkatkan ekonomi warga

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024