Mudik Gratis BUMN tahun ini bakal ditingkatkan dan diperkirakan mencapai 80.000 orang peserta.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (Kemen BUMN) menegaskan pada musim mudik Lebaran tahun ini bakal menggelar kembali program mudik gratis.
 
"Ada, ada (mudik gratis)," ujar Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga saat ditemui di Jakarta, Rabu.
 
Arya menambahkan, kuota Mudik Gratis BUMN tahun ini bakal ditingkatkan dan diperkirakan mencapai 80.000 orang peserta.
 
Pada 2023, Kemen BUMN menggelar program mudik gratis dengan menyediakan sebanyak 65.603 lebih kuota pemudik dalam kegiatan bertajuk Mudik Gratis bersama BUMN itu.
 
Adapun program tersebut memfasilitasi peserta dengan moda transportasi bus dan kereta api di bawah koordinasi PT Jasa Raharja.
 
Moda transportasi bus pada mudik Lebaran 2023 tercatat sebanyak 1.009 armada bus dengan jumlah pemudik sebanyak 46.523 pemudik, dengan rute Wonogiri, Surakarta, Klaten, Kebumen, Purworejo, Sragen, Boyolali, Ngawi, Grobogan.
 
Sementara moda transportasi kereta tercatat sebanyak 30 rangkaian yang memfasilitasi 15.658 pemudik dengan rute Surabaya, Malang, Blitar, Solo, Yogyakarta.
 
"Melalui mudik bersama BUMN, kami mengalihkan ribuan pengguna kendaraan, terutama sepeda motor, ke moda transportasi umum seperti bus, kereta api, dan kapal laut yang memenuhi standar keselamatan transportasi, sehingga masyarakat dapat merasakan mudik yang aman dan nyaman,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir.
 
Program mudik bersama BUMN merupakan salah satu upaya BUMN untuk mewujudkan peran nyata dalam membantu masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan mudik ke kampung halamannya.
 
Program mudik bersama yang diikuti 24 BUMN akan diberangkatkan dari berbagai titik-titik pemberangkatan, baik di terminal, stasiun maupun pelabuhan.
Baca juga: Dukung Mudik Bersama BUMN, ASDP antarkan gratis pemudik ke dua rute
Baca juga: Anggota DPR apresiasi kinerja BUMN sukseskan mudik Lebaran 2023

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024