Jakarta (ANTARA) -
Ketua umum Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Poppy Dharsono mengatakan para desainer Indonesia perlu diberi pelatihan agar bisa membangun fesyen Indonesia lebih bertumbuh mengikuti pasar.
 
"Mereka harus mengacu pada ide, bahwa kemudian nanti menjadi busana muslim atau kontemporer terserah desainernya tapi bersama-sama turut menyumbangkan ide untuk membangun fesyen di Indonesia," kata Poppy disela acara pre event Indonesia Fashion Week 2024 di Jakarta, Rabu.
 
Ia mengatakan para desainer muda harus mampu mengikuti perkembangan fesyen dan harus bisa melihat apa yang sedang terjadi dalam dunia mode tidak hanya dalam negeri namun hingga luar negeri.

Baca juga: Lihat tren dunia 10 menit per hari, kiat buka mata desainer baru
 
Acuan mode dunia juga harus dibarengi dengan kreativitas dan bisa menuangkannya ke dalam wastra khas Indonesia agar fesyen dari Indonesia bisa bersaing di kancah global.
 
"Karena menurut saya setiap tahun fesyen tidak pernah sama tapi selalu memiliki kreativitas baru yang sesuai dengan apa yang ada di dunia, tentunya itu bagaimana desainer menerjemahkan fesyen di dunia dengan wastra Indonesia," jelas Poppy.
 
APPMI juga terus mendukung UMKM lokal di bidang mode untuk ikut bersaing di industri fesyen dengan mengikutsertakan desainer dari daerah dalam ajang peragaan busana maupun pekan mode yang diadakan tiap tahunnya.
 
Para desainer yang dilatih APPMI pun juga turut diberi edukasi tentang wastra Indonesia agar memiliki pengetahuan dan mau menggunakan kain khas daerah setempat.
 
Dengan begitu industri kreatif daerah tersebut bisa meningkat dan bisa mempromosikan wisata yang berdampak pada perekonomian Indonesia.
 
"Kami juga turut mendukung dan meningkatkan industri kreatif di bidang fesyen untuk perekonomian Indonesia dengan fokus di UMKM, kita bekerja keras untuk membantu mempromosikan, menyiapkan dan mengenalkan wastra Indonesia," tutup Poppy.

Baca juga: IFW 2024 angkat keindahan wastra dan budaya Betawi

Baca juga: Wiwiek Hatta wakili Indonesia di gelaran modest fashion Internasional

Baca juga: Indonesia Now gandeng desainer lokal untuk tampil di NYFW 2024

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024