Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali menggelar Startup Studio Indonesia (SSI) sebagai salah satu program pengembangan perusahaan rintisan (startup) digital di Indonesia, di mana pada batch yang ke- 8 ini diikuti oleh 17 startup

Koordinator Startup Digital Kemenkominfo, Sonny Hendra Sudaryana menjelaskan bahwa fokus utama dari program SSI ini adalah meningkatkan kualitas dan kompetensi pelaku usaha rintisan serta membangun jaringan bisnis antara startup dengan pihak swasta dan BUMN.

"Fokus Startup Studio itu bagaimana meningkatkan kualitas dan kaliber dari founders itu dan bagaimana menghubungkan mereka dengan jaringan (jaringan bisnis)," kata Sonny dalam pembukaan program SSI yang diselenggarakan secara daring pada Kamis.

Baca juga: Startup Studio Indonesia buka pendaftaran untuk batch 8

Untuk itu, Kemenkominfo berupaya meyakinkan pelaku bisnis swasta maupun BUMN bahwa startup bukanlah pesaing melainkan unit usaha yang dapat dijadikan sebagai mitra.

Hal itu disampaikan karena menurutnya, instansi maupun pelaku usaha yang sangat konvensional masih berhati-hati ketika diajak bermitra dengan startup digital.

"Di situ peran pemerintah mengubah mindset dari sisi pemimpin entah itu di pemerintah kota/kabupaten atau di daerah atau dari sisi swasta maupun BUMN," ujarnya.

Sonny menyampaikan, program SSI adalah inisiasi dari pemerintah sehingga dapat meyakinkan instansi maupun perusahaan untuk membuka kesempatan bekerja sama dengan startup.

Baca juga: Kemenkominfo dukung startup jebolan SSI buka pendanaan "pre-seed"

"Karena ini program dari pemerintah mereka lebih open untuk ini karena sudah dikurasi oleh pemerintah," tuturnya.

Secara khusus SSI telah rutin dihadirkan sejak 2020, menjadi wadah Kemenkominfo untuk membina perusahaan-perusahaan rintisan pemula yang tengah berproses untuk mencapai tahapan product-market fit (PMF).

Setelah melewati tahap seleksi, sebanyak 17 startup terpilih untuk mengikuti program Startup Studio Indonesia selama tiga bulan ke depan yang akan dibuka dengan program Founder’s Camp.

Saat ini SSI telah memiliki 114 alumni. Program ini berhasil membuka jejaring bisnis yang lebih luas bagi para startup dengan capaian sekitar 30-40 persen alumni berhasil mendapatkan pendanaan tahap lanjut setelah lulus dari program ini.

Baca juga: Kemenkominfo buka kolaborasi lintas sektor untuk startup lewat SSI X

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024