Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) berharap kepada warga setempat untuk mengusulkan program terobosan dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) 2024 di delapan kecamatan daerah itu. 

"Harapannya seperti itu sebab usulan yang memiliki terobosan untuk kemajuan kota Jakarta Pusat akan diakomodir dan diprioritaskan," kata Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Pusat Denny Ramdany dalam keterangan tertulis usai membuka Musrenbang 2024 di Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin. 

Ia mengatakan, agenda itu juga dilakukan serentak pada delapan kecamatan di Jakarta Pusat.

Denny mengatakan secara umum kegiatan itu merupakan kegiatan rutin setiap tahun.

Kegiatan tersebut juga sebuah bentuk realisasi usulan yang sifatnya dari bawah ke atas (buttom up) sehingga usulan datang dari bawah yakni dari masyarakat ke tingkat RW, selanjutnya naik ke tingkat kelurahan.

Baca juga: Jaktim minta usulan Musrenbang 2024 sesuai kebutuhan warga

"Setelah dibahas di kelurahan nantinya usulan akan dibawa ke musrenbang kecamatan, kota hingga nasional," katanya.

Dengan demikian, katanya, alur usulan dalam musrenbang ini berjenjang dari bawah ke atas dan direalisasikan agar bisa langsung dirasakan masyarakat. 

Sementara itu Camat Tanah Abang Dicky Suherlan mengatakan di Kecamatan Tanah Abang terdapat 223 usulan yang terbagi menjadi dua.

Keduanya yakni 144 usulan pembangunan fisik dan 79 usulan pengadaan barang.

"Total anggaran yang dibutuhkan untuk 223 usulan tersebut mencapai Rp75,2 miliar," jelas Dicky.

Menurut Dicky, usulan tersebut sudah melalui survei dan aspirasi dari masyarakat.

Meski demikian, Dicky mengatakan tidak seluruh usulan yang ada bisa terakomodir karena ada skala prioritas dalam setiap pembangunan.

"Tentu kita berupaya agar semua usulan bisa terakomodir, namun hal tersebut baru bisa diketahui ketika sudah diadakan musrenbang tingkat kota," ujar Dicky.

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024