Sebagai BUMN dengan mandat bank go global, BNI berupaya proaktif membantu UMKM memperluas penetrasi pasar luar negeri
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI Royke Tumilaar mengatakan pihaknya mempererat kemitraan dengan usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) peserta Inacraft 2024 dengan menyediakan wadah UMKM Go Global melalui Xpora.

"BNI Xpora berkomitmen untuk mendukung pemberdayaan UMKM melalui program one-stop export solution. Sebagai BUMN dengan mandat bank go global, BNI berupaya proaktif membantu UMKM memperluas penetrasi pasar luar negeri," ujarnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis.

Ajang pameran The 24th Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft 2024), yang berlangsung di Jakarta pada 28 Februari-3 Maret 2024, telah dibuka Presiden Joko Widodo.

Pada acara itu, BNI Xpora memberikan layanan konsultasi bisnis Go Global di booth BNI.

Pelaku UMKM dapat mengajukan pertanyaan seputar pemberdayaan UMKM, termasuk berbagai pelatihan, pendampingan, program pembiayaan, serta potensi business matching dengan calon pembeli dari luar negeri.

"Kami berharap lebih banyak pelaku UMKM dapat bergabung dengan portal digital BNI Xpora, sehingga mereka akan mendapatkan akses ke berbagai informasi serta kesempatan untuk mengikuti program pelatihan, pendampingan, business matching, dan event pameran dalam dan luar negeri," ucap Royke.

Dalam Inacraft 2024, lanjutnya, BNI Xpora memberikan kesempatan UMKM untuk melakukan business matching dengan calon pembeli dari luar negeri. Hingga akhir Desember 2023, Xpora telah menyelenggarakan 83 pelatihan dengan jumlah peserta mencapai 7.429 UMKM.

"Partisipasi Xpora dalam berbagai acara baik di dalam maupun di luar negeri telah mencapai 72 acara yang diikuti oleh 1.033 UMKM. BNI juga memanfaatkan koneksi cabang luar negeri dan diaspora untuk menyelenggarakan 793 acara business matching hingga saat ini," jelasnya.

Selain itu, BNI menawarkan berbagai keuntungan kepada pelaku UMKM yang berpartisipasi dalam Inacraft pada Februari 2024, antara lain bonus saldo rekening hingga Rp3 juta untuk tenant dengan peningkatan saldo tertinggi.

Ada pula keuntungan dari TapCash dengan saldo hingga Rp750 ribu dan Logam Mulia bagi tenant dengan transaksi Electronic Data Capture (EDC) & Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) tertinggi, serta special merchandise bagi tenant yang menukarkan struk settlement EDC.

Dalam pameran Inacraft 2024, terdapat 14 UMKM binaan Xpora yang merupakan debitur dan nasabah setia yang turut serta, di antaranya Genta Guitar & Ukulele, 1719, Aryasena Craft, Golden Dragon Melamine, Nuanza Porcelain, Maeswara Basket, Sunandsand, Apikmen, Mira Muraza Songket, Mendong Jaya, Mamnich, DOWA, Oak Leather Gallery, dan Rumah Mode Bunga.

Baca juga: BNI sedang siapkan program "student loan" bagi mahasiswa Indonesia
Baca juga: Nilai kapitalisasi pasar BBNI mencapai Rp200,5 triliun
Baca juga: BNI targetkan tingkat pengembalian ekuitas hingga 20 persen


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024