"Untuk kendaraan roda empat dan enam dari arah Tapanuli Utara dialihkan menuju by pass Balige,"
Medan (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara melakukan simulasi rekayasa arus lalu lintas menjelang kejuaraan internasional perahu cepat F1 Powerboat di Balige, Kabupaten Toba.

"Untuk kendaraan roda empat dan enam dari arah Tapanuli Utara dialihkan menuju by pass Balige," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi di Medan, Kamis.

Hadi melanjutkan kendaraan yang datang dari arah Tapanuli Utara lewat by pass Balige tersebut nantinya keluar di Simpang Tambunan dan jalan belok kiri Kota Balige dan belok ke kanan menuju Medan.

Selanjutnya mulai simpang Tambunan sampai simpang Kompi diberlakukan dua arah, lalu Simpang Kompi sampai Simpang Longat diberlakukan satu arah.

"Sepanjang jalan Kota Balige mulai simpang Juara Monang sampai simpang Longat tidak ada parkir di bahu jalan," tutur Hadi.

Dia mengatakan selama perhelatan kejuaraan F1 Powerboat disediakan 10 lokasi parkir umum bagi masyarakat maupun wisatawan. Sedangkan akses warga menuju ke inti Kota Balige melawati Simpang Aek Bolon.

Hadi menyatakan pengalihan atau rekayasa arus lalu lintas di Simpang Longat mulai Pukul 06.00 WIB hingga selesai berlangsungnya F1 Powerboat tersebut.

"Untuk kendaraan roda enam dari arah Medan atau Parapat dialihkan menuju by Pass Balige," ucapnya.

Hadi menambahkan selama kejuaraan internasional F1 Powerboat tersebut aktivitas tidak mengganggu aktivitas masyarakat yang berada di lokasi.

Untuk pengamanan maksimal, Polda Sumut memasang sebanyak 40 kamera pengintai (CCTV) untuk memantau pengamanan dalam kejuaraan internasional perahu cepat F1Powerboat.

Hadi menyatakan CCTV yang dipasang di antaranya di veneu, pelabuhan, Mess Pemprov Sumut, kantong parkir, Taman Balige, Simpang FL Tobing, Pom Bensin, Simpang Gereja, Simpang Jalan Masjid, Bundaran Balige, Simpang Tandang Buhit, Simpang Hotel Mutiara, Simpang By Pass Tambunan.

"Serta pemasangan CCTV portable di Veneu, pintu masuk, Pelabuhan Balige, Simpang Siliwangi, Bundaran Balige, Simpang Jalan TD Pardede dan tempat lainnya," ucap Hadi.

Selain 40 titik CCTV, Satgas Teknologi Informasi Polda Sumut juga menyiapkan alat komunikasi handy talky dan puluhan handy talky android bagi personel pengamanan untuk memudahkan kendali dan komunikasi.

Sementara untuk pelaksanaan kejuaraan dilakukan pada 2-3 Maret 2024. Ajang ini sudah dilakukan dua kali dengan kontrak selama lima tahun. Jarak tempuh dari medan ke lokasi sekitar tujuh jam melalui jalur barat Sumatera dengan 234 kilometer.

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024