Kabupaten Bogor (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) memusatkan "Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia" di Alun-alun Cirimekar, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Senin, 4 Maret 2024.

"Kabupaten Bogor sebagai tuan rumah pencanangan Gertam Cabai yang dirangkaikan dengan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52," ungkap Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Bogor Siti Chomzah di Cibinong, Bogor, Minggu.

Sedikitnya ada 1.000 bibit cabai diserahkan dalam kegiatan yang akan dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang juga Istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Wury Estu Handayani.

Siti Chomzah menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan gerakan tanam cabai kepada warga karena cabai merupakan salah satu komoditas yang kerap berdampak pada terjadinya inflasi setiap tahun.

"Kabupaten Bogor insya Allah siap menjadi tuan rumah, dan sudah menyiapkan lokasi kegiatan yang tentunya representatif," kata Siti Chomzah.

Pada kegiatan pencanangan Gertam Cabai, Iriana Joko Widodo bersama Wury Estu Handayani dijadwalkan menanam cabai sebagai tanda dimulainya Gertam Cabai Nasional.

Kemudian, keduanya akan menyerahkan 1.000 paket sembako, tiga buah bantuan kursi roda, dokumen kependudukan, serta 500 buku resep kudapan tinggi protein secara simbolis.

Lalu, kegiatan akan dilanjutkan dengan penebaran 50 ribu benih ikan di Situ Citata, peninjauan food truck, mobil ATI (Ahli Teknologi dan Informasi), rapid test keamanan pangan, serta penanaman tujuh benih pohon alpukat miki.

Selanjutnya, Iriana Joko Widodo bersama Wury Estu Handayani akan menutup kegiatan dengan meninjau berbagai kegiatan lain seperti gerakan pangan murah, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), serta stan-stan edukasi.


Baca juga: Pemprov Sulbar luncurkan gerakan tanam sejuta cabai

Baca juga:   Bank Indonesia dan Provinsi Banten lakukan gerakan tanam cabai 

 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024