Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita humaniora menarik pada Kamis (7/3), dan bisa dibaca kembali pada hari ini, mulai dari Kemendikbudristek yang menyatakan kepunahan 11 bahasa daerah di Indonesia, hingga pengembangan teknologi reaktor nuklir skala kecil oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

1. Kemendikbudristek: 11 bahasa daerah di Indonesia alami kepunahan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia menyatakan sebanyak 11 bahasa daerah di Indonesia sudah mengalami kepunahan, karena tidak lagi penutur bahasa daerah tersebut.

Baca juga: Kemendikbudristek: 11 bahasa daerah di Indonesia alami kepunahan

2. Komnas: Terjadi 401.975 kasus kekerasan terhadap perempuan pada 2023

Ketua Komnas Perempuan Andy Yetriyani menyebutkan berdasarkan data Komnas dan Badan Peradilan Agama (Badilag) jumlah kekerasan terhadap perempuan sepanjang 2023 mencapai 401.975 kasus, turun 55.920 kasus atau 12 persen dari tahun sebelumnya sekitar 457.895 kasus.

Baca juga: Komnas: Terjadi 401.975 kasus kekerasan terhadap perempuan pada 2023

3. BPJS Kesehatan terapkan AI untuk tingkatkan layanan JKN

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menerapkan teknologi Artificial Intellegence (AI) sebagai upaya untuk mendorong peningkatan layanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Baca juga: BPJS Kesehatan terapkan AI untuk tingkatkan layanan JKN

4. Wapres: Ramadhan momentum perkokoh persaudaraan usai dinamika pemilu

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan Ramadhan 1445H/2024 merupakan momentum yang tepat untuk memperkokoh semangat persaudaraan kebangsaan usai dinamika yang terjadi selama gelaran Pemilu 2024.

Baca juga: Wapres: Ramadhan momentum perkokoh persaudaraan usai dinamika pemilu

5. BRIN kembangkan reaktor nuklir skala kecil yang cocok untuk Indonesia

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengembangkan teknologi reaktor nuklir skala kecil atau small modular reactor yang lebih praktis dan bisa dibangun secara merata di berbagai wilayah Indonesia.

Baca juga: BRIN kembangkan reaktor nuklir skala kecil yang cocok untuk Indonesia

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024