Jakarta (ANTARA) - Setelah tiga tahun yang panjang, Ariana Grande akhirnya meluncurkan “Eternal Sunshine”, album studio ketujuhnya dan yang pertama sejak album “Positions” yang dinominasikan Grammy pada tahun 2020.


Melansir Billboard pada Jumat (8/3), “Eternal Sunshine” dirilis ke semua platform streaming digital mulai hari ini.

Album tersebut adalah refleksi Grande yang sangat rentan terhadap pertumbuhan pribadi yang dia alami setelah perceraiannya dengan Dalton Gomez dan beberapa waktu untuk syuting film “Wicked” yang akan datang.

Baca juga: Ariana Grande akhiri hiatus dengan lagu baru "Yes, And?"

Baca juga: Sapa penggemar, Ariana Grande umumkan album baru tahun depan


Grande memasuki era “Eternal Sunshine” pada bulan Januari dengan merilis single utama “Yes, And?”.

Lima pekan kemudian, memuncaki tangga lagu Hot 100 terbaru, yang kedelapan secara keseluruhan dan keenam yang debut di pole posisi menerima remix dari Mariah Carey.

Sementara “Yes, And?” adalah satu-satunya single pra-rilis dari “Eternal Sunshine”, Grande menghabiskan minggu-minggu menjelang perilisan penuh LP dengan menampilkan sejumlah sampul album yang berbeda, berbagi cuplikan dari pemotretan, dan berpartisipasi dalam wawancara terbuka dengan Zach Sang dan Zane Lowe.

Akhir pekan ini, Grande akan kembali ke Saturday Night Live sebagai tamu musik bersama pembawa acara Josh Brolin (9 Maret) dan hadir di Academy Awards ke-96 bersama lawan mainnya di Wicked, Cynthia Erivo (10 Maret).

Eternal Sunshine menampung 13 lagu, semuanya ditulis oleh pemenang Grammy dua kali tersebut dan diproduksi bersama dengan Martin yang legendaris.

Kecuali “Thank U” dan “Next” yang menduduki puncak Billboard 200 pada tahun 2019, “Eternal Sunshine” adalah rekaman Grande dengan jumlah artis tamu paling sedikit.

Album ini hanya menampilkan satu kolaborasi: Nonna, nenek tercinta Grande yang muncul di album terdekat “Ordinary Things.”

Grande telah mendapatkan delapan single No. 1 di Hot 100, termasuk “Thank U, Next” (tujuh minggu), “Save Your Tears” (dengan The Weeknd, dua minggu) dan pemimpin delapan minggu “7 Rings.”

Di Billboard 200, ini telah mengirim lima judul ke puncak tangga lagu, termasuk “Yours Truly” tahun 2013, “My Everything” tahun 2014, “Sweetener” tahun 2018, dan “Positions” tahun 2020.

Baca juga: Ariana Grande masuk studio garap lagu baru

Baca juga: Ariana Grande berkencan dengan Ethan Slater usai gugatan cerai

 

Penerjemah: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024