Jakarta (ANTARA) - Grup gadis K-pop NewJeans telah menjadi penyanyi K-pop pertama yang memenangkan Grup Tahun Ini di Billboard Women in Music Awards 2024.

Grup tersebut menerima penghargaan tersebut selama acara penghargaan yang diadakan di YouTube Theater di Los Angeles pada hari Rabu (waktu Amerika Serikat).

Dikutip dari Yonhap, Sabtu, kemenangan itu menandai momen penting bagi baik NewJeans maupun industri K-pop. Grup terakhir yang memenangkan penghargaan tersebut adalah grup gadis Amerika Fifth Harmony pada tahun 2015.

Baca juga: Lagu 'OMG' NewJeans tembus 600 juta streaming

Baca juga: Kontroversi kalguksu muncul kembali usai Minji NewJeans berkomentar


Menghadiri penghargaan tersebut, penyanyi musik country Amerika Lainey Wilson memuji NewJeans karena memimpin "gelombang baru grup gadis dalam K-pop, genre yang telah lama didominasi oleh pria".

"Untuk berada di sini hari ini untuk berpartisipasi dalam penghargaan yang begitu dipenuhi oleh artis-artis hebat adalah benar-benar sulit, dan sulit dipercaya bahwa kita berada di ruangan yang sama dengan kalian semua," kata anggota NewJeans Hanni setelah menjadi juara pada acara tersebut.

"Saya ingin sebentar saja berterima kasih kepada semua artis yang ada di sana, karena tanpa musik kalian, saya rasa kita tidak akan bisa tumbuh dengan terinspirasi, dan cinta serta gairah kami terhadap musik telah berkembang begitu banyak. Jadi terima kasih banyak,” ucapnya

Sementara, anggota lainnya Danielle juga mengaku sangat bersyukur.

"Merefleksikan kembali dua tahun terakhir, kita telah sangat diberkati. Kita mendapat kesempatan untuk mengalami begitu banyak hal baru dan menarik, dan ini telah menjadi tahun terbaik,” kata Danielle.

NewJeans juga tampil di atas panggung untuk acara penghargaan itu dan membawakan lagu "Super Shy" dan "ETA" - kedua trek utama dari EP kedua mereka, "Get Up" yang disambut sorak-sorai penonton.

Didirikan pada tahun 2007, Billboard Women in Music Awards mengakui wanita yang secara signifikan memengaruhi industri musik sepanjang tahun.

Tahun lalu, NewJeans menempatkan lima lagu di Billboard Hot 100 dan meraih posisi teratas di Billboard 200 dengan "Get Up”.

Billboard baru-baru ini menampilkan grup K-pop tersebut di sampul majalah mereka, menyoroti mereka sebagai grup yang telah mengubah "paradigma tentang apa itu pencapaian bagi grup gadis muda”.

"Sementara dulunya dianggap sebagai kebijaksanaan industri bahwa hanya boy band yang dapat membangun fandom inti dan kesuksesan komersial yang luas, NewJeans adalah bagian dari generasi grup gadis yang telah melakukan keduanya," katanya.

Baca juga: NewJeans tampil perdana di Indonesia saat GDA Jakarta

Baca juga: Single "Ditto" dari NewJeans tembus 500 juta streaming di Spotify

 

Penerjemah: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024