Jakarta (ANTARA) - Novak Djokovic berjuang untuk bangkit kembali di Indian Wells setelah lima tahun absen dari turnamen ATP-WTA Masters 1000 itu dengan kemenangan yang tidak mudah saat mengalahkan Aleksandar Vukic 6-2, 5-7, 6-3, Sabtu waktu setempat atau Minggu WIB.

Petenis nomor satu dunia Djokovic, yang tidak bermain sejak kalah di semifinal Australian Open dari Jannik Sinner pada 26 Januari, mengejar gelar keenam di turnamen Masters pertama musim ini di lapangan gurun tersebut.

Petenis Serbia berusia 36 tahun itu meraih kemenangan ke-400 di tingkat Masters dalam kariernya, bergabung dengan Rafael Nadal sebagai satu-satunya petenis putra yang mencapai tonggak sejarah ke-400 di level 1000.

Juara Grand Slam 24 kali itu memenangi 11 pertandingan Masters terakhirnya, mengumpulkan gelar musim lalu di Cincinnati dan Paris Bercy.

Baca juga: Djokovic bersemangat kembali ke Indian Wells setelah lima tahun

Djokovic merebut set pembuka dalam waktu 35 menit dengan dua servis break namun harus bangkit dari break di set ketiga melawan lawannya yang berperingkat 69 asal Australia itu.

Vukic bertahan hingga kedudukan 6-5 pada set kedua dan melakukan servis winner untuk menyamakan kedudukan pada masing-masing set.

Pada set ketiga, unggulan teratas Djokovic melakukan break untuk unggul 3-2 dan menutup kemenangan dengan break kedua setelah waktu lebih dari dua jam, mencatatkan kemenangannya yang ke-51 di turnamen tempat ia pertama kali berkompetisi pada 2006.

"Sulit untuk melewatinya. Dia bermain luar biasa. Dia merobek pukulan forehand-nya dan menghancurkan servisnya," kata Djokovic tentang Vukic, seperti disiarkan AFP, Minggu.

"Pada set ketiga saya berhasil memecahkan kode tersebut. Saya meningkatkan performa dan menyelesaikan pertandingan dengan gaya yang hebat."

Baca juga: Nadal mundur dari Indian Wells Masters

Sementara itu, unggulan ketujuh asal Denmark Holger Rune mengamankan tempat di ketiga dengan mudah ketika mantan finalis Wimbledon asal Kanada Milos Raonic mundur dari pertandingan mereka karena cedera.

Unggulan ke-12 asal AS Taylor Fritz, juara tahun 2022, mengalahkan petenis Chile Alejandro Tabilo 7-6 (7/2), 6-2 dalam 73 menit, mencatatkan 14 ace dan 27 winner.

"Saya harus bermain bagus untuk melindungi servis saya," ujar Fritz.

"Saya selalu merasa percaya diri datang ke sini."

Petenis peringkat 13 Grigor Dimitrov, semifinalis 2021, melewati Alexandre Muller dari Prancis dengan skor 7-5, 6-2.

Petenis Inggris Cameron Norrie mencapai babak ketiga setelah menang atas petenis Italia Lorenzo Sonego 6-4, 6-4.

Juara Dubai akhir pekan lalu, Ugo Humbert, unggulan ke-14 dari Prancis, mengalahkan petenis Amerika Patrick Kypson dengan skor yang sama.

Baca juga: Gauff selamat dari tekanan untuk melaju di Indian Wells
Baca juga: Osaka tampil sempurna untuk melaju ke babak kedua Indian Wells

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024