Berlin (ANTARA News) - Pelatih sepak bola Jerman paling sukses Udo Lattek, yang telah membawa Bayern Munich menggapai Juara Piala Eropa pertama kali pada 1974, dilaporkan pada Senin menderita penyakit parkinson.

Lattek pernah meraih total 16 gelar juara sepanjang karirnya sebagai pelatih sepak bola dalam kurun waktu tiga dekade ia melatih di Barcelona, Bayern, Borussia Moenchengladbach, Schalke, Cologne dan Borussia Dortmund.

Pria berusia 78 tahun itu total memenangi delapan juara Liga Jerman, enam bersama Bayern dan dua dengan Moenchengladbach, serta menjadi asisten pelatih Jerman pada 1996 untuk Piala Dunia, tatkala mereka kalah dalam babak final oleh Inggris dengan skor 4-2 di Stadion Wembley.

Dia memandu Bayern meraih Piala Eropa pada 1974, yang merupakan gelar juaranya yang pertama, sebelum bergabung dengan Borussia Moenchengladbach, dimana ia memenangi juara Liga Jerman (Bundesliga) pada 1976 dan 1977.

Ia juga menjuarai Piala Eropa Winner bersama Barcelona tahun 1982, sebagaimana Copa del Ray pada 1983, sebelum kembali ke Liga Jerman dan kemudian pensiun pada 2000.

"Suami saya menderita parkinson. Jika Udo terbaring untuk beberapa hari, kemudian dia pulih lagi akan membutuhkah kursi roda," istrinya Hildegard mengatakan kepada surat kabar Jerman Bild.

Kesehatan Lattek terus memburuk sejak terkena stroke pada 2010 dan sejak itu sering mendapat perawatan di rumah sakit, yang dekat dengan kediamannya di Cologne.


Penerjemah: Junaydi Suswanto

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013