mereka akan mengajar pesantren kilat Ramadhan 1445 H atau 2024 M pada 24 sekolah dasar
Banjarmasin (ANTARA) -
Puluhan santri dan santriwati Pondok Pesantren Al-Falah Kota Banjarbaru yang berasal dari Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan turun melakukan pengabdian mengajar di pesantren Ramadhan di kotanya.
 
Kegiatan para santri dan santriwati yang tergabung Perhimpunan Remaja santri/santriwati Ponpes Al-Falah dari Banjarmasin (Pres AF BMAS) tersebut dilepas langsung Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina di halaman Menara Pandang Siring Sungai Martapura, Rabu.
 
Ibnu Sina menyampaikan apresiasi tinggi dan terimakasih yang tidak terhingga atas pengabdian para santri dan santriwati yang meluangkan waktu libur sekolah untuk mengajar di pesantren Ramadhan di sekolah-sekolah di kota ini.
 
"Ini sudah tahun ke-7, mudah-mudahan tetap bisa dilaksanakan seterusnya, karena mereka ini adalah aset kita," ujarnya.
 
Menurut dia, pengabdian para santri dan santriwati Ponpes Al-Falah ini sangat berarti bagi kemajuan ilmu agama generasi muda di kota ini, khususnya di tingkat sekolah dasar.
 
"Karena mereka akan mengajar pesantren kilat Ramadhan 1445 H atau 2024 M pada 24 sekolah dasar yang tersebar di kota ini," ucapnya.

Baca juga: Lapas Banceuy adakan program "Kamar Santri" selama Ramadhan
Baca juga: Ratusan santri di Aceh ikut daurah Al Quran guna kejar target hafalan
 
Dia pun berharap para santri dan santriwati ini dapat mengajarkan kembali ilmu yang mereka dapat selama berada di pondok pesantren kepada para pelajar yang mengikuti pesantren kilat.
 
"Memang studinya di pondok pesantren Al-Falah di Banjarbaru, tapi mereka ini kan warga Banjarmasin. Mereka anak-anak Banjarmasin yang kemudian nanti setelah studi, Insyaallah pasti akan balik ke Banjarmasin," katanya.
 
Karenanya Ibnu Sina berharap para santri dan santriwati bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat dan diamalkan selama mengikuti pendidikan di ponpes, mudah-mudahan bisa bersinergi.
 
Sebagaimana diketahui, Pemkot Banjarmasin mempersiapkan bagi sekolah dari tingkat SD dan SMP sederajat untuk melangsungkan pesantren Ramadhan di libur sekolah ini.

Baca juga: 222 santri dayah Darul Quran Aceh ikuti kemah Al Quran saat Ramadhan
Baca juga: Santri di Palembang gelar pawai obor sambut Ramadhan
Baca juga: Pelajar-santri-mahasiswa di Bogor ikuti Sanlat Ramadhan soal vokasi

 

Pewarta: Sukarli
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024