Jakarta (ANTARA) - Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie melaju ke babak 16 besar All England Open 2024 setelah menaklukkan wakil Taiwan Chou Tien Chen pada babak pertama, Rabu.

Jonatan menang atas Chou dalam dua gim langsung, 21-4, 21-15 dalam tempo 37 menit, pada pertandingan yang berlangsung di Utilita Arena, Birmingham, tersebut.

Bagi Jonatan, motivasi terbesarnya saat menghadapi Chou pada turnamen BWF Super 1000 ini adalah evaluasi dan tekad untuk memperbaiki performanya yang kurang baik di French Open, pekan lalu.

“Dengan hasil pertandingan di Prancis yang tidak saya harapkan, hari ini cukup memberikan tambahan ekstra motivasi untuk melakoni laga hari ini,” kata Jonatan, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

“Kepercayaan diri juga meningkat, dan saya harap saya bisa mempertahankan momentum ini di pertandingan-pertandingan ke depan,” ujarnya.

Kepercayaan diri itu pun terpancar dari penampilan Jonatan hari ini. Serangan-serangan dan pertahanannya terbilang solid dan sulit untuk ditembus oleh Chou, terutama pada gim pertama.

“Melawan Chou Tien Chen tidak pernah mudah. Walaupun dia sudah tidak seperti yang dulu tapi saya percaya dia masih mempunyai kemampuan dan hal-hal yang bagus,” kata Jonatan.

Baca juga: Lima wakil Indonesia memulai perjuangan di All England 2024

Pada gim kedua, tunggal putra peringkat 14 dunia itu pun mulai memberikan perlawanan kepada Jonatan, tapi, Jonatan tidak jatuh dalam tekanan dan terus mencoba memegang kontrol permainan, hingga akhirnya membukukan kemenangan dua gim langsung.

“Tadi pun juga di gim kedua tidak mudah, dia sempat memberikan perlawanan cuma belajar dari kesalahan minggu lalu, saya tetap mencoba bermain menekan,” ujar Jonatan.

“Saya banyak berdiskusi dengan pelatih tadi, itu cukup membuat saya bisa mengurangi ketegangan di dalam lapangan,” imbuh tunggal putra peringkat sembilan dunia tersebut.

Dengan kemenangan ini, maka Jonatan akan bertemu dengan pemenang laga antara Lu Guang Zu (China) dan Kunlavut Vitidsarn (Thailand) di babak 16 besar.

Sementara itu, masih ada tiga wakil Indonesia lainnya yang memulai perjuangan mereka di babak 32 besar turnamen bulu tangkis tertua sedunia, pada hari ini.

Selain Jonatan, ada tunggal putra lainnya Chico Aura Dwi Wardoyo yang kini tengah menghadapi wakil India, Priyanshu Rajawat di babak pertama All England Open 2024.

Tak hanya itu, terdapat pula dua pasangan ganda putra Indonesia yakni juara All England 2023 Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan juara All England 2019 Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang bertanding hari ini.

Baca juga: Leo/Daniel tersingkir dari All England usai laga kontra Lee/Wang

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024