korban beserta almarhum terjatuh dari ketinggian sekitar 15 meter
Jayapura (ANTARA) - Tri Sudarno, anggota SAR Jayapura, Rabu kemarin gugur saat berupaya mengevakuasi Theopilus Yaboisembut (20) yang diduga mencoba bunuh diri dengan naik tower Telkomsel di kawasan Sabron Yaru, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura, Papua.
 
"Almarhum terjatuh dari ketinggian sekitar 15 meter saat hendak menurunkan korban dari tower Telkomsel ," kata Kepala Kantor SAR Jayapura Melkianus Kotta di Jayapura, Kamis.

Ia menjelaskan, korban meninggal di RSUD Youwari setelah dievakuasi dan mendapatkan penanganan medis.

Menurut dia, insiden itu berawal saat SAR Jayapura, Rabu (13/3) menerima laporan pukul 10.08 Wit dari Ali Erfandi yang memberitahu bila ada orang mencoba bunuh diri dengan naik ke atas tower Telkomsel yang ada di Distrik Sentani Barat.

Lokasi tower terletak sekitar 13,81 KM dari kantor SAR Jayapura, kata Melkianus seraya menambahkan, setelah mendapatkan laporan maka tim Rescue mempersiapkan peralatan dan personil.

Dengan peralatan rescue, tim kemudian menuju TKP dan ternyata proses menurunkan korban memang tidak mudah karena yang bersangkutan melakukan perlawanan terhadap almarhum.

Baca juga: Tim SAR evakuasi jenazah korban bunuh diri di dalam sumur di Jepara
Baca juga: Tim SAR berjuang 9 jam gagalkan warga Lombok akan bunuh diri


Menurut Melkianus, anggota SAR itu sebelumnya telah berhasil menurunkan korban dari ketinggian sekitar 50 meter.

Namun karena korban terus melakukan perlawanan, almarhum menepi dan berpegang di besi tower. Korban tetap meronta tidak mau diturunkan sehingga panik dan sempat meminta bantuan ke salah seorang rekannya di atas tower.

Pada saat itu korban yang hendak ditolong mendorong badan keluar akhirnya almarhum panik hingga melepaskan tangan dari pegangan.

"Akibatnya korban beserta almarhum terjatuh dari ketinggian sekitar 15 meter," katanya.

Jenazah korban sudah dimakamkan Kamis (14/3) di TPU Sere, Sentani, sementars korban Theopilus Yaboisembut masih dirawat di RSUD Youwari Sentani.

Baca juga: SAR masih cari korban terjun dari kapal
Baca juga: Dukungan masyarakat pada orang depresi penting untuk cegah bunuh diri
Baca juga: Psikolog: Tak ada dukungan bisa jadi alasan seseorang akhiri hidup

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024