Bantuan penggemukan sapi kurban ini, bukan bantuan pemerintah ya, melainkan KUR
Pangkalpinang (ANTARA) - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan  Bank Sumsel Babel (BSB) menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) guna penggemukan sapi bakalan untuk Hari Raya Idul Adha 1445 H.

"Bantuan penggemukan sapi kurban ini, bukan bantuan pemerintah ya, melainkan KUR,“ kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Safrizal ZA saat menyaksikan penandatanganan PKS penyaluran KUR BSB di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengapresiasi dan menyampaikan  terima kasih kepada BSB dan peternak sapi Jubairi atau H Badut yang juga menandatangani kerja sama sehubungan pengelolaan keuangan dan pelayanan jasa perbankan serta KUR penggemukan sapi bakalan untuk Hari Raya Idul Adha 1445 H.

"Saya menyambut baik kerja sama ini dan meminta agar KUR dimanfaatkan dengan sebaik mungkin," katanya.

Baca juga: Kemenkop UKM jadikan Babel titik awal penerbitan sertifikat halal

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Babel Edi Romdhoni mendorong dan mendukung masyarakat memanfaatkan KUR karena bunganya terjangkau yakni 6 persen.

Menurut dia, biasanya para peternak mengincar sapi KUR untuk nanti dipersiapkan di Hari Raya Idul Adha, dan akan diambil 3 bulan sebelum itu. Jika belum diambil  maka jangka waktunya cuma di atas 2 atau 3 bulan.

"Inti dari kerja sama ini, petani sasaran nya dan dari segala macam dinas kita akan membantu, kami punya Penyuluh, Petani dan Kelompok Tani," katanya.

Ia menyatakan gapoktan atau poktan membantu menyeleksi semaksimal mungkin masyarakat atau anggotanya agar penerima merupakan warga setempat. 

"Kerja sama ini sendiri sudah berjalan pada tahun ke-4 dan jenis sapi bakalan yang di ternak untuk KUR adalah sapi Madura, sapi Bali dan Limosin," katanya.

Baca juga: Bank Sumsel Babel catat laba Rp760,50 miliar pada 2023

Baca juga: Babel gencarkan gerakan pangan murah jelang Ramadhan

Pewarta: Aprionis
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024