Untuk informasi lebih lanjut mengenai program YES, kunjungi,https://www.yesprograms.org/countries/indonesia dan ikut iInstagram Kedutaan Besar AS di Jakarta (@usembassyjkt)
Samarinda (ANTARA) - Peserta Program Pertukaran Pelajar Kennedy-Lugar (KL) Youth Exchange and Study Program (YES) asal Samarinda, Kalimantan Timur, Adinda Anni'mah dinobatkan sebagai “YES Student of the Month” bulan Februari 2024. Dinda mengikuti program di Hicksville, Ohio, Amerika Serikat untuk tahun ajaran 2023-2024.

"Sungguh luar biasa melihat pengaruh Dinda terhadap sekolah dan komunitas di Amerika. Semangatnya untuk menjelajah aspek kehidupan di AS serta semangatnya untuk berbagi pengetahuan tentang Indonesia dengan rekan-rekan dan komunitas menjadikannya seorang peserta program yang patut dicontoh,” kata Pejabat Diplomasi Publik Kedutaan Besar AS di Jakarta, Mary Trechock dalam keterangan di Samarinda, Jumat

Mary menjelaskan Investasi Amerika Serikat dalam program pertukaran KL YES merupakan investasi bagi masa depan bersama.

Program ini memberikan kesempatan siswa sekolah menengah untuk tinggal dan belajar di kota-kota di seluruh Amerika Serikat.

" Mereka dapat saling pengertian menjalin hubungan dengan keluarga angkat dan komunitas mereka, tambahnya.

Mary Trechock menjelaskan Dinda telah menunjukkan keunggulan akademis dan memberikan kontribusi besar kepada komunitas melalui partisipasi dalam kerja sukarela, peran kepemimpinan, dan representasi budaya.

Prestasi akademik Dinda yang istimewa merupakan bukti ketekunan, kegigihan, dan semangat belajar.

Salah satu pencapaian Dinda yang paling menonjol adalah terpilih sebagai “Studentof the Quarter,” sebuah predikat kehormatan yang ia peroleh melalui prestasi baik di dalam maupun di luar kelas.

Baca juga: Lima pelajar di Kudus tenggelam di area banjir tiga meninggal

Penghargaan tersebut dinominasikan oleh guru AS nya, Mr. DaveBlue dengan kualitas istimewa sebagai siswa pemimpin.

Di luar kelas, Dinda mendedikasikan waktu untuk bekerja secara sukarela dan menunjukkan komitmen untuk memberikan dampak positif bagi komunitas. Di Gereja St John Lutheran,

Dinda menjadi sukarelawan dalam berbagai kegiatan seperti pelayanan makanan gratis dan membagikan brosur mingguan.

Di sekolah, Dinda bekerja di stand konsesi dan menjadi anggota OSIS. Dinda juga memanfaatkan kegiatan ekstrakurikuler untuk mendorong dirinya mencoba
hal-hal baru.

“Selama mengikuti program pertukaran tahun ini, saya mendapat kesempatan untuk mengikuti tidak hanya kegiatan akademik tetapi juga non akademik, termasuk klub panahan dan pertunjukan musik sekolah, serta kegiatan sukarela di masyarakat,” kata Dinda.

“Saya sangat berterima kasih atas dukungan dari keluarga angkat saya dan semua orang di Sekolah, yang mendorong saya untuk mengambil bagian dan menjalani tahun pertukaran pelajar ini," jelas Dinda.

Baca juga: Kemenag usulkan beasiswa untuk pelajar yang tertarik studi zakat

Selain peran akademis dan kepemimpinan Dinda juga menunjukkan dedikasi yang mengesankan untuk merepresentasikan budaya.

Melalui presentasi budaya yang menarik di sekolah menengah, sekolah dasar, dan di depan keluarga angkatnya, Dinda secara efektif berbagi kekayaan budaya Indonesia. Upayanya telah berkontribusi dalam membangun pemahaman dan apresiasi budaya dalam komunitas sekolah.

Program YES merupakan beasiswa yang diberikan berdasarkan prestasi untuk siswa sekolah menengah atas usia 15-17 tahun.

Peserta akan mengikuti satu tahun program akademik di Amerika Serikat. Mereka akan tinggal bersama keluarga angkat Amerika, bersekolah di sekolah menengah negeri setempat, memperoleh keterampilan kepemimpinan, dan membantu memperkenalkan negara dan budaya asal mereka ke orang-orang Amerika.

Beasiswa YES dicetuskan oleh Senator Amerika Serikat Kennedy dan Lugar setelah kejadian 11 September2001, untuk membawa generasi muda dari negara-negara dengan populasi Muslim yang signifikan, termasuk Indonesia, ke Amerika Serikat sehingga memperluas hubungan antar masyarakat dan menciptakan rasa saling memahami.

Saat ini sudah ada hampir dua ribu anak muda Indonesia yang telah mengikuti program ini. Yayasan Bina Antar Budaya bersama Kedutaan Besar AS di Jakarta mengelola program ini di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program YES, kunjungi,https://www.yesprograms.org/countries/indonesia dan ikut iInstagram Kedutaan Besar AS di Jakarta (@usembassyjkt).

Baca juga: Unesa siapkan beasiswa bagi pelajar Sekolah Indonesia di Arab Saudi
 

Pewarta: Arumanto
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024